PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PANCA PRAMANA TERHADAP KARAKTER GOTONG ROYONG DAN LITERASI SAINS SISWA KELAS V SDN 1 ASTINA

Sugiantari, Ni Komang Manik (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PANCA PRAMANA TERHADAP KARAKTER GOTONG ROYONG DAN LITERASI SAINS SISWA KELAS V SDN 1 ASTINA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031248- COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031248- ABSTRAK.pdf

Download (902kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031248-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031248-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031248-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031248-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031248- BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR RUJUKAN)
2111031248- DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031248- LAMPIRAN.pdf

Download (20MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan karakter gotong royong dan literasi sains siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Panca Pramana dan kelompok siswa yang tidak mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Panca Pramana. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain Posttest Only Cotrol Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 1 Astina terdiri dari 2 kelas yang berjumblah 62 siswa. Uji kesetaraan populasi dilakukan dengan menggunakan ANAVA, selanjutnya ditentukan sampel penelitian adalah kelas V A sebagai kelompok eksperimen dan kelas V B sebagai kelompok kontrol yang diperoleh dengan teknik random sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial yang menggunakan Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata sekor karakter gotong royong pada kelompok eksperimen (83,26) lebih besar dari kelompok kontrol (71,16) dan rata-rata sekor literasi sains pada kelompok eksperimen (82,32) lebih besar dari kelompok kontrol (67,10). Berdasarkan hasil analisis MANOVA data karakter gotong royong dan lierasi sains menunjukan bahwa nilai F hitung untuk Pillai’s Trace, Wilks’Lambda, Hotelling’s Trace, dan Roy’s Largest Root signifikan (0,000) lebih kecil dari (sig 0,05). Dengan demikian pembelajaran dengan model pembelajaran Panca Pramana berpengaruh terhadap karakter gotong royong dan literasi sains siswa kelas V SDN 1 Astina.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Panca Pramana, Karakter Gotong Royong, Literasi Sains Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Komang Manik Sugiantari
Date Deposited: 10 Mar 2025 01:30
Last Modified: 10 Mar 2025 01:30
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23700

Actions (login required)

View Item View Item