Yani, Ketut Candra (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM PEMBELAJARAN METAKOGNITIF MATERI MESATUA BALI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK DAN BERBICARA SISWA KELAS V SD. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031193-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031193-ABSTRAK.pdf Download (523kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031193-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (602kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031193-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (880kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031193-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (954kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031193-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031193-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (544kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031193-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (560kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031193-LAMPIRAN.pdf Download (20MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menyimak dan berbicara bahasa bali siswa dan kurang optimalnya pemanfaatan media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan menyimak dan keterampilan berbicara bahasa bali siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model ADDIE, yang tersusun atas lima tahapan, yaitu: (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah ahli materi, ahli media pembelajaran, praktisi, dan siswa. Objek dalam penelitian ini adalah tingkat keterampilan menyimak dan keterampilan berbicara bahasa bali siswa kelas V sekolah dasar. Metode pengumpulan data yaitu angket/kuesioner, observasi, dan tes. Instrumen yang dipergunakan untuk mengumpulkan data yaitu pedoman observasi, lembar rating scale, lembar tes, lembar dan angket/kuisioner. Uji coba produk melibatkan siswa kelas V SDN 1 Poh Bergong yang berjumlah 24 siswa. Data dari hasil pre-test dan post-test dianalisis menggunakan uji t dengan sampel berkolerasi untuk mengetahui efektivitas produk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media artificial intelligence mesatua bali yang dikembangkan bersifat valid ditinjau dari hasil penilaian ahli, praktis ditinjau dari hasil penilaian praktisi dan efektif ditinjau dari hasil uji coba terhadap siswa. Media artificial intelligence mesatua bali yang valid, praktis dan efektif diharapkan mampu meningkatkan keterampilan menyimak dan berbicara bahasa bali siswa kelas v sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Pengembangan artificial intelligence, pembelajaran metakognitif, keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, model ADDIE. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ketut Candra Yani |
Date Deposited: | 11 Mar 2025 10:45 |
Last Modified: | 11 Mar 2025 10:45 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23705 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |