Putra, I Gede Agus Darmadi (2025) Pengembangan Video Interaktif Bermuatan Vasudhaiva Kutumbakam Materi Ekosistem Muatan IPAS Kelas V SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031178-COVER.pdf Download (686kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031178-ABSTRAK.pdf Download (56kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031178-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (201kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031178-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (426kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031178-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031178-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031178-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031178-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (270kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031178-LAMPIRAN.pdf Download (29MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini memiliki 3 tujuan, yaitu: (1) mendeskripsikan prototipe video interaktif, (2) menguji validitas teoritik video interaktif, dan (3) mendeskripsikan respons siswa terhadap video interaktif bermuatan Vasudhaiva Kutumbakam Muatan IPAS Kelas V SD. Video interaktif adalah bentuk multimedia pembelajaran yang mengintegrasikan unsur audio dan visual, mencakup animasi, gambar, suara, serta konten edukatif, dan memungkinkan terjadinya interaksi antara media dengan peserta didik. Dalam pembelajaran siswa cenderung jarang menggunakan media sehingga pembelajaran menjadi monoton dan siswa cepat bosa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media berupa video interaktif yang dapat menambah semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran khususnya siswa kelas V sekolah dasar. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah Four D (4D), yang mencakup empat tahapan utama, yaitu: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Data dikumpulkan melalui penyebaran kuisioner. Teknik analisis data yang dikumpulkan adalah kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil analisis data untuk menguji validitas butir soal terhadap 28 butir item yang dilakukan oleh 24 rater, sebanyak 24 item dinyatakan fit dan 4 item dinyatakan tidak fit. Grafik validitas skala menunjukkan bahwa tidak ada pilihan yang diimpit oleh pilihan lain sehingga tidak memiliki puncak yang menunjukkan bahwa setiap pilihan sudah berfungsi dengan baik. Tingkat kesepatakan para penilai bahwa produk yang dikembangkan ini memiliki kualitas yang bagus bahkan sangat bagus adalah sebesar 87,7%. Uji respons siswa memperoleh hasil sebesar 98,8% yang menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan mendekati hasil yang sempurna dan layak untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Video Interaktif, Vasudhaiva Kutumbakam, IPAS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Gede Agus Darmadi Putra |
Date Deposited: | 13 Mar 2025 06:02 |
Last Modified: | 13 Mar 2025 06:02 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23718 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |