Khodijah, Fiva (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK DIGITAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA SISWA KELAS IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031102-COVER.pdf Download (950kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031102-ABSTRAK.pdf Download (226kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031102-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (332kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031102-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (430kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031102-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (667kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031102-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031102-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (292kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031102-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (310kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031102-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini dilatar belakangi oleh rendahnya literasi membaca siswa di kelas IV sekolah dasar yang disebabkan oleh kurang tertariknya siswa terhadap apa yang akan dibaca. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun pengembangan media pembelajaran pop-up book digital berbasis pbl untuk meningkatkan literasi membaca siswa kelas IV SD, (2) mengetahui hasil Validitas media pembelajaran pop-up book digital berbasis pbl untuk meningkatkan literasi membaca siswa kelas IV Sekolah Dasar, (3) mengetahui kepraktisan ditinjau dari respon guru dan respon siswa terhadap media pembelajaran pop-up book digital berbasis problem based learning untuk meningkatkan literasi membaca siswa kelas IV SD, dan (4) mengetahui efektivitas media pembelajaran pop-up book digital berbasis pbl untuk meningkatkan literasi membaca siswa keals IV Sekolah Dasar. Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE. Model pengumpulan data yang digunakan yaitu: metode kuesioner, dan tes. Uji efektivitas memperoleh signifikansi 0,000. Hasil menunjukan yang signifikan peningkatan literasi membaca siswa kelas IV SD setelah menggunakan media pembelajaran berupa pop-up book digital berbasis problem based learning dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pop-up book, digital, literasi, siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Fiva Khodijah |
Date Deposited: | 17 Mar 2025 01:43 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 01:43 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23754 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |