PENGEMBANGAN MEDIA PETUNG BUMI BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MUATAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 1 BERABAN TABANAN

Rahayu, Ni Luh Jegeg Sinta (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PETUNG BUMI BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MUATAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 1 BERABAN TABANAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031164-COVER.pdf

Download (911kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031164-ABSTRAK.pdf

Download (797kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031164-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (602kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031164-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (956kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031164-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031164-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031164-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (731kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031164-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (594kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031164-LAMPIRAN.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penggunaan media pembelajaran begitu penting untuk menarik perhatian siswa sehingga menumbuhkan semangat siswa dalam belajar, materi akan lebih jelas dipahami oleh siswa sehingga dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa secara maksimal. Akan tetapi di satuan pendidikan masih kurang inovasi media pembelajaran khususnya yang berbentuk digital yang dapat membantu guru dalam meningkatkan performa mengajar pada mata pelajaran Matematika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun, mengetahui kelayakan, dan mengetahui efektivitas multimedia interaktif “Petung Bumi” untuk muatan Matematika kelas V sekolah dasar. Subjek pada penelitian ini yaitu 19 siswa kelas V sekolah dasar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Rancang bangun media Petung Bumi berbasis pendekatan kontekstual berupa media elektronik/digital yang dikembangkan berdasarkan flowchart dan storyboard sesuai dengan model pengembangan ADDIE, sehingga menghasilkan media Petung Bumi yang dapat diakses melalui google drive dan diakses secara online melalui link, (2) Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa media Petung Bumi layak digunakan dalam pembelajaran berdasarkan: (a) hasil review ahli isi/materi pembelajaran sebesar 98,33% (sangat baik), (b) hasil review ahli desain instruksional sebesar 95% (sangat baik), (c) hasil review ahli media pembelajaran sebesar 95% (sangat baik), (d) hasil uji coba perorangan sebesar 97,50% (sangat baik), dan (e) hasil uji coba kelompok kecil sebesar 95,55% (sangat baik). (3) Hasil uji efektivitas media Petung Bumi diuji dengan menggunakan statistika inferensial teknik uji-t satu sampel dengan membandingkan rata-rata hasil post-test terhadap nilai KKTP yang ditetapkan sebesar 67. Diperoleh nilai thitung sebesar 17,148. Kemudian thitung dibandingkan dengan ttabel sebesar 1,734 (dk = n-1 = 18, taraf signifikansi 5%). Hal ini berarti thitung 17,148 ≥ ttabel 1,734, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat perbedaan nilai rata-rata post-test setelah menggunakan media Petung Bumi dan nilai KKTP sebelum menggunakan media petung Bumi. Maka dapat disimpulkan bahwa media Petung Bumi berbasis pendekatan kontekstual efektif digunakan pada muatan matematika materi operasi hitung bilangan bulat kelas V SD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Multimedia Interaktif, Matematika, SD, Media Petung Bumi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Luh Jegeg Sinta Rahayu
Date Deposited: 18 Mar 2025 00:53
Last Modified: 18 Mar 2025 00:53
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23766

Actions (login required)

View Item View Item