Trisnadewi, Ni Kadek (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER BERBANTUAN MEDIA GRAFIS TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS PB SUDIRMAN DENPASAR BARAT TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031043-COVER.pdf Download (677kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031043-ABSTRAK.pdf Download (185kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031043-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (311kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031043-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (282kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031043-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (597kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031043-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (467kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031043-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (306kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031043-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (398kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031043-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran advance organizer berbantuan media grafis terhadap kompetensi pengetahuan IPS. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan menggunakan rancangan the post test only no treatment control group design. Populasi yang dilibatkan ialah seluruh kelas IV SD Negeri Gugus PB Sudirman Denpasar Barat Tahun Ajaran 2019/2020 sebanyak 272 siswa yang terdistribusi kedalam 7 kelas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling dengan perolehan sampel ialah kelas IV SD Negeri 24 Dauh Puri sebagai kelompok eksperimen sebanyak siswa 34 orang dan kelas IV SD Negeri 5 Dauh Puri sebagai kelompok kontrol sebanyak siswa 32 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes kompetensi pengetahuan IPS. Data post-test kompetensi pengetahuan IPS dianalisis menggunakan uji-t tipe polled varians. Rata-rata skor post-test kelompok eksperimen sebesar 82,94 dan rata-rata skor post-test kelompok kontrol sebesar 68,33. Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh thitung = 7,79 dan pada taraf signifikansi 5% dan dk = 64 diperoleh ttabel = 2,00. Karena thitung > ttabel maka H0 ditolak. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPS antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model advance organizer berbantuan media grafis dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran non advance orgaizer berbantuan media grafis. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran advance organizer berbantuan media grafis berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi pengetahuan IPS kelas IV SD Negeri Gugus PB Sudirman Denpasar Barat Tahun Ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | advance organizer, media grafis, kompetensi pengetahuan IPS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Trisnadewi |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 01:21 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 01:21 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2378 |
Actions (login required)
View Item |