Sijabat, Jeni Henny Widiya (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REFLEKTIF (REFLECTIVE LEARNING) BERBANTUAN JURNAL REFLEKSI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK FASE E SMA NEGERI 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2013041023-COVER.pdf Download (341kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2013041023-ABSTRAK.pdf Download (200kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013041023-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (214kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013041023-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (367kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013041023-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (412kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013041023-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (288kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013041023-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013041023-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (202kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2013041023-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran reflective learning berbantuan jurnal refleksi dan perbedaan peningkatan hasil belajar biologi peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran reflective learning berbantuan jurnal refleksi dengan peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran materi keanekaragaman hayati kelas X SMA Negeri 2 Singaraja tahun ajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah pretest-postest nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Singaraja yang berjumlah 474 orang peserta didik. Penentuan sampel dilakukan dengan melakukan simple random sampling dan diperoleh 2 kelas sebagai kelas sampel yaitu kelas X-I sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model pembelajaran reflective learning berbantuan jurnal refleksi dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional dengan jumlah keseluruhan sampel 80. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes dalam bentuk pilihan ganda yang berjumlah 25 soal. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji statistik Mann-Whitney. Hasil analisis data menunjukkan nilai probabilitas untuk uji dua pihak adalah 0,396. Berdasarkan uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar biologi antara peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran reflective learning berbantuan jurnal refleksi dengan dengan peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional dalam materi keanekaragaman hayati kelas X SMA Negeri 2 Singaraja tahun ajaran 2024/2025.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Reflective Learning, Jurnal Refleksi, Hasil Belajar Biologi, Keanekaragaman Hayati. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | JENI HENNY WIDIYA BR SIJABAT |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 00:48 |
Last Modified: | 24 Mar 2025 00:48 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23828 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |