PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) INTERAKTIF BERBASIS DOSCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI CAHAYA DAN SIFATNYA KELAS V SD NO 2 SEDANG

Putri, Ni Putu Mira Adella Rohalina (2025) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) INTERAKTIF BERBASIS DOSCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI CAHAYA DAN SIFATNYA KELAS V SD NO 2 SEDANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031288-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031288-ABSTRAK.pdf

Download (859kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031288-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (606kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031288-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (884kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031288-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031288-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031288-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (737kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031288-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (584kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031288-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Pembelajaran IPA di sekolah dasar sering kali masih bersifat konvensional, di mana siswa kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu penyebabnya adalah keterbatasan bahan ajar yang mendukung eksplorasi dan penemuan konsep secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menganalisis efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) interaktif berbasis Discovery Learning pada materi Cahaya dan Sifatnya di kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Pengembangan LKPD menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah siswa kelas V sebanyak 27 siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan instrumen berupa lembar angket, dan tes. Teknik analisis data mencakup analisis deskriptif kualitatif, kuantitatif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD interaktif efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan bahan ajar interaktif dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran IPA serta membantu guru dalam menerapkan pembelajaran berbasis penemuan secara lebih efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: LKPD Interaktif, Discovery Learning, Cahaya dan Sifatnya, Pembelajaran IPA.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni putu mira adella rohalina putri
Date Deposited: 16 Apr 2025 01:07
Last Modified: 16 Apr 2025 01:07
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23925

Actions (login required)

View Item View Item