Ayu Arya Sridhani Putri, Ni Putu Padma (2025) PENGEMBANGAN E-STORYBOOK BERMUATAN TRI HITA KARANA UNTUK MENINGKATKAN KESANTUNAN BERBAHASA SISWA KELAS IV SD N 2 PENEBEL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031025-COVER.pdf Download (613kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031025-ABSTRAK.pdf Download (86kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031025-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (206kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031025-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (262kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031025-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (661kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
2111031025-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031025-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031025-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (243kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031025-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Studi ini dilatarbelakangi oleh degradasi kesantunan berbahasa siswa sekolah dasar. Penelitian pengembangan ini memiliki empat tujuan, yaitu: (1) menghasilkan rancang bangun media e-storybook bermuatan Tri Hita Karana, (2) menganalisis validitas isi media e-storybook bermuatan Tri Hita Karana, (3) menguji kepraktisan e-storybook bermuatan Tri Hita Karana, (4) menguji keefektifan e-storybook bermuatan Tri Hita Karana dalam meningkatkan kesantunan berbahasa siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE, yang tersusun atas lima tahapan, yaitu: (1) analyze, (2) design, (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluation. Subjek dalam penelitian ini yaitu 2 orang ahli media, 2 orang ahli isi mata pelajaran, 5 orang praktisi, dan 15 orang siswa kelas IV SD. Hasil penelitian: (1) media e-storybook bermuatan Tri Hita Karana yang telah dihasilkan memperoleh indeks validitas sebesar 0,9625 dengan predikat atau kualifikasi validitas isi sangat tinggi, (2) kepraktisan media e-storybook bermuatan Tri Hita Karana dari penarikan respon praktisi yaitu sebesar 98% dengan predikat atau kualifikasi sangat baik, (3) nilai signifikansi (2-tailed) pada uji-t berkorelasi memperoleh skor sebesar 0,000 atau p < 0,05 (taraf signifikansi 5%). Hasil analisis yang dilakukan menunjukkan pengembangan e-storybook bermuatan Tri Hita Karana valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kesantunan berbahasa siswa kelas IV SD N 2 Penebel. Penelitian ini mengindikasi bahwa pengintegrasian nilai-nilai Tri Hita Karana dalam bahan ajar digital dapat menjadi strategi inovatif dalam menanamkan konsep kesantunan berbahasa melalui proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media, E-storybook, Tri Hita Karana, Kesantunan Berbahasa |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) P Language and Literature > PN Literature (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Padma Ayu Arya Sridhani Putri |
Date Deposited: | 19 Apr 2025 11:00 |
Last Modified: | 19 Apr 2025 11:00 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23968 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |