PENGEMBANGAN E-STORYBOOK BERMUATAN TRI HITA KARANA UNTUK MENINGKATKAN KESANTUNAN BERBAHASA SISWA KELAS IV SD N 2 PENEBEL

Ayu Arya Sridhani Putri, Ni Putu Padma (2025) PENGEMBANGAN E-STORYBOOK BERMUATAN TRI HITA KARANA UNTUK MENINGKATKAN KESANTUNAN BERBAHASA SISWA KELAS IV SD N 2 PENEBEL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031025-COVER.pdf

Download (613kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031025-ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031025-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (206kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031025-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031025-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (661kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
2111031025-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031025-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031025-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031025-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Studi ini dilatarbelakangi oleh degradasi kesantunan berbahasa siswa sekolah dasar. Penelitian pengembangan ini memiliki empat tujuan, yaitu: (1) menghasilkan rancang bangun media e-storybook bermuatan Tri Hita Karana, (2) menganalisis validitas isi media e-storybook bermuatan Tri Hita Karana, (3) menguji kepraktisan e-storybook bermuatan Tri Hita Karana, (4) menguji keefektifan e-storybook bermuatan Tri Hita Karana dalam meningkatkan kesantunan berbahasa siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE, yang tersusun atas lima tahapan, yaitu: (1) analyze, (2) design, (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluation. Subjek dalam penelitian ini yaitu 2 orang ahli media, 2 orang ahli isi mata pelajaran, 5 orang praktisi, dan 15 orang siswa kelas IV SD. Hasil penelitian: (1) media e-storybook bermuatan Tri Hita Karana yang telah dihasilkan memperoleh indeks validitas sebesar 0,9625 dengan predikat atau kualifikasi validitas isi sangat tinggi, (2) kepraktisan media e-storybook bermuatan Tri Hita Karana dari penarikan respon praktisi yaitu sebesar 98% dengan predikat atau kualifikasi sangat baik, (3) nilai signifikansi (2-tailed) pada uji-t berkorelasi memperoleh skor sebesar 0,000 atau p < 0,05 (taraf signifikansi 5%). Hasil analisis yang dilakukan menunjukkan pengembangan e-storybook bermuatan Tri Hita Karana valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kesantunan berbahasa siswa kelas IV SD N 2 Penebel. Penelitian ini mengindikasi bahwa pengintegrasian nilai-nilai Tri Hita Karana dalam bahan ajar digital dapat menjadi strategi inovatif dalam menanamkan konsep kesantunan berbahasa melalui proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media, E-storybook, Tri Hita Karana, Kesantunan Berbahasa
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Putu Padma Ayu Arya Sridhani Putri
Date Deposited: 19 Apr 2025 11:00
Last Modified: 19 Apr 2025 11:00
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23968

Actions (login required)

View Item View Item