Yundari, Ni Made Omy (2025) PENGEMBANGAN E-BOOK CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AUTONOMOUS LEARNING DAN MINAT BACA SISWA KELAS III SD NEGERI 5 TULIKUP PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031080-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031080-ABSTRAK.pdf Download (652kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031080-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (606kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031080-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (784kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031080-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031080-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031080-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (903kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031080-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (767kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031080-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Rendahnya minat baca dan kemandirian belajar siswa sekolah dasar menjadi tantangan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan mengembangkan, menguji validitas, dan mengukur efektivitas E-Book cerita bergambar untuk meningkatkan autonomous learning dan minat baca siswa kelas III SD. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Instrumen pengumpulan data berupa tes pilihan ganda, kuesioner, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian ini adalah produk E-Book cerita bergambar. (1) Berdasarkan hasil uji validitas menunjukkan kategori sangat baik dengan skor ahli materi 94,79%, ahli desain instruksional menunjukkan kategori snagat baik dengan skor 100%, ahli media pembelajaran menunjukkan kategori sangat baik dengan skor 92,50%, uji coba perorangan pada 3 siswa menunjukkan kategori sangat baik memperoleh skor 95,83%, dan uji coba kelompok kecil pada 9 siswa menunjukkan kategori sangat baik dengan skor 92,50%. (2) Uji efektivitas dilakukan menggunakan paired sample t-test, menunjukkan thitung = 2,293 > ttabel = 2,021pada taraf signifikansi 5%, yang mengindikasikan adanya perbedaan Autonomous Learning yang signifikan antara sebelum dan sesudah penggunaan E-Book. Sementara uji efektivitas dilakukan menggunakan paired sample t-test, menunjukkan thitung = 12,243 > ttabel = 2,069 pada taraf signifikansi 5%, yang mengindikasikan adanya perbedaan minat baca yang signifikan antara sebelum dan sesudah penggunaan E-Book. Dengan demikian disimpulkan bahwa, E-Book cerita bergambar ini efektif meningkatkan minat baca dan kemandirian belajar siswa. Implikasi penelitian ini mendukung pengembangan media pembelajaran inovatif berbasis teknologi yang relevan dengan Kurikulum Merdeka, serta dapat menjadi referensi bagi guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : pengembangan, media pembelajaran, E-Book cerita bergambar, autonomous learning, minat baca |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Made Omy Yundari |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 00:37 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 00:37 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23984 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |