PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN TRI KAYA PARISUDHA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNALAR KRITIS PADA MATERI LIHAT SEKITAR DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Wijayanti, Luh Gede (2025) PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN TRI KAYA PARISUDHA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNALAR KRITIS PADA MATERI LIHAT SEKITAR DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031204-COVER.pdf

Download (639kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031204-ABSTRAK.pdf

Download (84kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031204-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (195kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031204-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031204-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (491kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
2111031204-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (659kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031204-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031204-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031204-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya ketersediaan e-LKPD interaktif sebagai salah satu media penunjang pembelajaran untuk kebutuhan peserta didik, lemahnya penerapan model pembelajaran, serta lemahnya kemampuan bernalar kritis siswa di kelas IV SD Negeri 1 Nawa Kerti. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancang bangun, serta menganalisis validitas, kepraktisan serta efektifitas dari e-LKPD interaktif berbasis model pembelajaran Tri Kaya Parisudha untuk meningkatkan kemampuan bernalar kritis pada materi Liha Sekitar d Kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari: analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, serta evaluasi. Adapun metode pengumpulan data terdiri dari metode angket/kuesioner dan metode tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket/kuesioner dan soal tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penelitian ini menghasilkan rancang bangun berupa flowchart dan storyboard produk berupa e-LKPD interaktif berbasis model pembelajaran Tri Kaya Parisudha untuk meningkatkan kemampuan bernalar kritis pada materi Lihat Sekitar di kelas IV Sekolah Dasar yang dirancang menggunakan software canva dan heyzine flipbook, (2) hasil penilaian validitas menurut ahli materi dan media sebesar 9,83 dan 9,15 yang mana menunjukkan kualifikasi sangat valid, (3) hasil kepraktisan produk melalui respons guru sebesar 98%, uji coba perorangan sebesar 91%, dan uji kelompok kecil 93,8% dengan kualifikasi sangat praktis, (4) hasil efektifitas produk melalui uji-t menunjukkan nilai signifikansi two side p atau p-value sebesar 0,000 yang artinya nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (taraf signifikansi 5%) atau p < 0,05. Sehingga e-LKPD interaktif berbasis model pembelajaran Tri Kaya Parisudha efektif diterapkan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan bernalar kritis siswa di kelas IV Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-LKPD interaktif, model pembelajaran Tri Kaya Parisudha, kemampuan bernalar kritis
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Luh Gede Wijayanti
Date Deposited: 25 Apr 2025 07:34
Last Modified: 25 Apr 2025 07:34
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24019

Actions (login required)

View Item View Item