Pengaruh Model Active Knowledge Sharing Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn Siswa kelas 4 SD Negeri Gugus IV R.A. Kartini Kecamatan Denpasar Barat Tahun Ajaran 2019/2020

Raisita, Ni Made Diah (2020) Pengaruh Model Active Knowledge Sharing Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn Siswa kelas 4 SD Negeri Gugus IV R.A. Kartini Kecamatan Denpasar Barat Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031078_COVER.pdf

Download (450kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031078-ABSTRAK.pdf

Download (55kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031078-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (162kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031078-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031078-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031078-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031078-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031078-DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (116kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031078_LAMPIRAN.pdf

Download (43MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah adanya pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Active Knowledge Sharing berbantuan media Mind Mapping Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn Siswa Kelas 4. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian quasi-experimental design atau eksperimen semu dengan rancangan desain Non Equivalent Pretest Posttest Control Group Design. Cara pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, total jumlah siswa kelas 4 di Gugus IV R.A. Kartini adalah 392 siswa. Untuk kelas eksperimen berjumlah 35 siswa dan kelas kontrol berjumlah 34 siswa. Hasil rata-rata gain skor pretest dan posttest kompetensi pengetahuan PPKn bahwa kelompok eksperimen memperoleh hasil 0,611 lebih tinggi dari rata-rata kompetensi pengetahuan PPKn kelas kontrol yaitu 0,474. Uji hipotesis data pretest dan posttest dapat dianalisis dengan uji t formula gain skor. Hasil perhitungan thitung = 2,187 dan ttabel pada taraf signifikansi 5% dk, 67 = 1,996. Sehingga thitung > ttabel, H0 ditolak dan Ha diterima maka terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan PPKn antara kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan dengan kelompok kontrol. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Active Knowledge Sharing berbantuan media Mind Mapping terhadap kompetensi pengetahuan PPKn siswa kelas 4 SD Negeri Gugus IV R.A. Kartini Kecamatan Denpasar Barat Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: active knowledge sharing, mind mapping, kompetensi pengetahuan PPKn.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Made Diah Raisita
Date Deposited: 27 Jul 2020 12:46
Last Modified: 27 Jul 2020 12:46
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2402

Actions (login required)

View Item View Item