PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LINGKARAN DALAM LINGKARAN LUAR TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SD GUGUS III KECAMATAN JEMBRANA TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Andani, Ni Komang Sunia Tri (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LINGKARAN DALAM LINGKARAN LUAR TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SD GUGUS III KECAMATAN JEMBRANA TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031200-COVER.pdf

Download (587kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031200-ABSTRAK.pdf

Download (281kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031200-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (141kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031200-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031200-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031200-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031200-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031200-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031200-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Perkembangan sosial emosional siswa merupakan aspek penting dalam pendidikan yang memengaruhi interaksi sosial dan keberhasilan akademik. Namun, banyak siswa masih mengalami kesulitan dalam berkomunikasi, bekerja sama, dan menunjukkan empati dalam pembelajaran IPAS. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Lingkaran Dalam Lingkaran Luar terhadap perkembangan sosial emosional siswa. Jenis penelitian ini yakni eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan menggunakan desain Non-equivalent Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini yakni siswa kelas IV SD di Gugus III yang terdiri dari tujuh kelas yang berjumlah 149 siswa. Sampel penelitian ini dilakukan menggunakan teknik random sampling maka yang terpilih yakni siswa ad akelas kontrol dan kelas eksperimen. Metode dan instrument pengumpulan data menggunakan lembar kuisioner/angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran ini secara signifikan meningkatkan keterampilan komunikasi, kerja sama, dan empati siswa dibandingkan dengan metode konvensional. Implikasi penelitian ini menekankan pentingnya penggunaan strategi pembelajaran yang lebih interaktif untuk mendukung perkembangan sosial emosional siswa. Oleh karena itu, guru disarankan untuk mengintegrasikan model ini dalam pembelajaran guna menciptakan lingkungan belajar yang lebih inklusif dan kolaboratif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Lingkaran Dalam Lingkaran Luar, perkembangan sosial emosional, pembelajaran IPAS, interaksi sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Komang Sunia Tri Andani
Date Deposited: 25 Apr 2025 07:57
Last Modified: 25 Apr 2025 07:57
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24020

Actions (login required)

View Item View Item