PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DRILL BERBASIS MASALAH KONTEKSTUAL TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA KELAS IV SD GUGUS MOH. HATTA DENPASAR SELATAN TAHUN AJARAN 2019/2020

Dewi, Ni Putu Juwita (2020) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DRILL BERBASIS MASALAH KONTEKSTUAL TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA KELAS IV SD GUGUS MOH. HATTA DENPASAR SELATAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031083-COVER.pdf

Download (735kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031083-ABSTRAK.pdf

Download (336kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031083-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (337kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031083-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031083-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN BARU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (857kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031083-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031083-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031083-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (322kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611931083-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran drill berbasis masalah kontekstual terhadap kompetensi pengetahuan matematika kelas IV SD Gugus Moh. Hatta Denpasar Selatan tahun ajaran 2019/2020. Eksperimen semu (quasi experiment) merupakan jenis dari penelitian ini, serta dipilih nonequivalent control group design sebagai rancangan penelitian. Seluruh kelas IV SD Gugus Moh.Hatta Denpasar Selatan digunakan sebagai populasi penelitian sebanyak 352 siswa. Kelas IV SDN 1 Panjer terpilih sebagai kelompok eksperimen sebanyak 40 siswa dan SDN 3 Panjer terpilih sebagai kelompok kontrol sebanyak 39 siswa yang ditentukan dengan mempergunakan teknik cluster random sampling. Dalam proses pengumpulan data, tes dipilih sebagai instrumen dengan jenis tes objektif pilihan ganda biasa sehingga didapatkan data berupa nilai kompetensi pengetahuan matematika yang berbentuk data kuantitatif yang kemudian dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan hasil analisis diperoleh t_hit=2,467 dan t_tab=1,664 pada taraf signifikansi 5 % dan dk=n1+n2-2=77 sehingga t_hitung>t_tabel (2,467>1,664). Sehingga terjadi penolakan H0 dan penerimaan Ha. Adapun bunyi Ha yakni terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan matematika antara kelompok yang dibelajarkan dengan metode pembelajaran drill berbasis masalah kontekstual dan kompetensi pengetahuan matematika kelompok yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada kelas IV SD Gugus Moh. Hatta Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2019/2020. Selain itu terdapat nilai rata-rata kompetensi pengetahuan matematika kelompok eksperimen yakni X ̅=80,48 dan kelompok kontrol yakni X ̅=73,94. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran drill berbasis masalah kontekstual terhadap kompetensi pengetahuan matematika kelas IV SD Gugus Moh. Hatta Denpasar Selatan tahun ajaran 2019/2020. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Drill, Masalah Kontekstual, Kompetensi Pengetahuan Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Metode Pembelajaran Drill, Masalah Kontekstual, Kompetensi Pengetahuan Matematika
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Putu Juwita Dewi
Date Deposited: 28 Jul 2020 12:20
Last Modified: 28 Jul 2020 12:20
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2404

Actions (login required)

View Item View Item