Putri, Ni Nyoman Ana Yulia (2025) MALE AND FEMALE TEACHER'S STRATEGY PREFRENCES IN TEACHING ENGLISH IN SMPN 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2112021081-COVER.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2112021081-ABSTRAK.pdf Download (847kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112021081-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
2112021081-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2112021081-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 PEMBAHASAN)
2112021081-BAB 4 PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (13MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2112021081-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112021081-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2112021081-LAMPIRAN.pdf Download (17MB) |
Abstract
Dengan penerapan Kurikulum Merdeka, guru didorong untuk menggunakan berbagai metode pengajaran, mengadaptasi pembelajaran agar sesuai dengan kemampuan siswa yang beragam, dan menciptakan lingkungan belajar yang lebih inklusif. Setiap guru memiliki preferensi strategi yang berbeda yang disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah jenis kelamin. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki preferensi strategi pengajaran yang digunakan oleh guru laki-laki dan perempuan dalam pembelajaran bahasa Inggris di SMPN 2 Singaraja. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik kualitatif deskriptif. Subjek yang digunakan adalah 2 guru bahasa Inggris laki-laki dan 2 guru bahasa Inggris perempuan yang dipilih dengan metode convenience sampling dan bersedia untuk diobservasi. Data diperoleh melalui 3 tahap, yaitu survei, observasi, dan wawancara. Dalam proses pengambilan data, instrumen yang digunakan terdiri dari Teaching Strategy Checklist, Observation Checklist, Interview Guide, dan Anecdotal Record. Berdasarkan hasil data menunjukkan bahwa terdapat kesamaan metode yang digunakan oleh guru laki-laki dan perempuan, namun mereka menggunakan strategi yang berbeda dimana guru laki-laki cenderung menggunakan Grammar Translation Method (GTM) yang lebih berfokus pada pembelajaran yang terstruktur dan pencapaian tujuan pembelajaran, sedangkan guru perempuan cenderung menggunakan Social Affected Strategy (Pelatihan Strategi Pembelajaran) dengan memberikan pembelajaran yang lebih variatif yang berfokus pada keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dan juga pencapaian tujuan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | EFL, Gender, Kurikulum Merdeka, Prefrensi, Strategi Mengajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Ni Nyoman Ana Yulia Putri |
Date Deposited: | 13 May 2025 02:51 |
Last Modified: | 13 May 2025 02:51 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24049 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |