Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PJOK Materi Sepak Bola Pada Peserta Didik Kelas VIII A4 Di SMP Negeri 1 Singaraja

Yoga, I Putu Pradipta (2025) Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PJOK Materi Sepak Bola Pada Peserta Didik Kelas VIII A4 Di SMP Negeri 1 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2116011077-COVER.pdf

Download (506kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2116011077-ABSTRAK.pdf

Download (33kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2116011077-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (148kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2116011077-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2116011077-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2116011077-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2116011077-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2116011077-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (107kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2116011077-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan atau memperbaiki hasil belajar PJOK materi sepak bola melalui implementasi model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitiannya seluruh peserta didik kelas VIII A4 di SMP Negeri 1 Singaraja Tahun Ajaran 2024/2025 yang berjumlah 39 peserta didik yang terdiri dari 20 putra dan 19 putri. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, lembar tes dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Penelitian ini mengimplementasikan model pembelajaran problem based learning yang dilakukan dalam 2 siklus. Hasil belajar siklus I pada aspek afektif peserta didik yang mendapatkan kategori tuntas sebesar 100% dan pada aspek kognitif peserta didik mendapatkan kategori tuntas sebesar 82% dan pada aspek psikomotorik peserta didik mendapatkan kategori tuntas sebesar 82%. Setelah dilaksanakan siklus II pada aspek afektif peserta didik yang mendapatkan kategori tuntas sebesar 100% dan pada aspek kognitif peserta didik yang mendapatkan kategori tuntas sebesar 100% dan pada aspek psikomotorik peserta didik yang mendapatkan kategori tuntas sebesar 100%. Pada pelaksanaan siklus I dan siklus II terdapat peningkatan dalam hasil belajar pjok materi sepak bola. Berdasarkan hasil diatas dapat disimpiulkam bahwa implementasi model pembelajarn problem based learning ini dapat meningkatkan hasil belajar PJOK materi sepak bola terhadap peserta didik kelas VIII A4 di SMP Negeri 1 Singaraja Tahun Ajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Hasil Belajar, PJOK, Sepak Bola
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1)
Depositing User: I Putu Pradipta Yoga
Date Deposited: 08 May 2025 05:27
Last Modified: 08 May 2025 05:27
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24067

Actions (login required)

View Item View Item