Yoga, I Putu Pradipta (2025) Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PJOK Materi Sepak Bola Pada Peserta Didik Kelas VIII A4 Di SMP Negeri 1 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2116011077-COVER.pdf Download (506kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2116011077-ABSTRAK.pdf Download (33kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2116011077-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2116011077-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2116011077-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (313kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2116011077-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (306kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2116011077-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2116011077-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (107kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2116011077-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan atau memperbaiki hasil belajar PJOK materi sepak bola melalui implementasi model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitiannya seluruh peserta didik kelas VIII A4 di SMP Negeri 1 Singaraja Tahun Ajaran 2024/2025 yang berjumlah 39 peserta didik yang terdiri dari 20 putra dan 19 putri. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, lembar tes dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Penelitian ini mengimplementasikan model pembelajaran problem based learning yang dilakukan dalam 2 siklus. Hasil belajar siklus I pada aspek afektif peserta didik yang mendapatkan kategori tuntas sebesar 100% dan pada aspek kognitif peserta didik mendapatkan kategori tuntas sebesar 82% dan pada aspek psikomotorik peserta didik mendapatkan kategori tuntas sebesar 82%. Setelah dilaksanakan siklus II pada aspek afektif peserta didik yang mendapatkan kategori tuntas sebesar 100% dan pada aspek kognitif peserta didik yang mendapatkan kategori tuntas sebesar 100% dan pada aspek psikomotorik peserta didik yang mendapatkan kategori tuntas sebesar 100%. Pada pelaksanaan siklus I dan siklus II terdapat peningkatan dalam hasil belajar pjok materi sepak bola. Berdasarkan hasil diatas dapat disimpiulkam bahwa implementasi model pembelajarn problem based learning ini dapat meningkatkan hasil belajar PJOK materi sepak bola terhadap peserta didik kelas VIII A4 di SMP Negeri 1 Singaraja Tahun Ajaran 2024/2025.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Hasil Belajar, PJOK, Sepak Bola |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | I Putu Pradipta Yoga |
Date Deposited: | 08 May 2025 05:27 |
Last Modified: | 08 May 2025 05:27 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24067 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |