Arifah, Tiara (2025) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Web dengan Pendekatan Konstruktivistik pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas IV di SDN 1 Cupel Tahun 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2011021001-COVER.pdf Download (446kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2011021001-ABSTRAK.pdf Download (161kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011021001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (276kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011021001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011021001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (470kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011021001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011021001-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011021001-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (244kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2011021001-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh kesulitan dalam memahami kosakata yang abstrak serta keterbatasan media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji validitas, kepraktisan, serta efektivitas Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) berbasis web dengan pendekatan konstruktivistik guna meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas IV SDN 1 Cupel tahun ajaran 2024/2025. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi) dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian terdiri atas siswa kelas IV dengan tahapan uji perorangan, kelompok kecil, dan uji lapangan. Data dikumpulkan melalui kuesioner validasi ahli (isi, desain, media), kuesioner kepraktisan guru dan siswa, serta pre-test dan post-test, yang dianalisis dengan statistik deskriptif dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MPI yang dikembangkan memiliki validitas sangat tinggi dengan skor 100% dari ahli isi dan media, serta 96% dari ahli desain. Kepraktisan penggunaan MPI dinyatakan sangat tinggi dengan skor 98% dari guru dan 95,11% hingga 97,33% dari siswa. Dari segi efektivitas, terdapat peningkatan signifikan nilai rata-rata siswa dari 35,15 (pre-test) menjadi 87,65 (post-test) yang didukung hasil uji-t (Sig. 0,00 < 0,05; t-hitung 43,424 > t-tabel 2,040). Rancang bangun MPI berbasis web ini menggunakan platform Genially, memuat fitur-fitur interaktif seperti simulasi jam analog, video animasi interaktif, mini-games, dan forum diskusi yang mendukung pembelajaran mandiri dan interaksi antar pengguna. Fitur tersebut mempermudah pemahaman konsep abstrak dengan pengalaman pribadi siswa, seperti penyebutan waktu dalam Bahasa Inggris, serta selaras dengan prinsip konstruktivistik dan Kurikulum Merdeka, sehingga inovasi ini berpotensi menjadi solusi alternatif yang relevan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia Pembelajaran Interaktif, Pembelajaran Berbasis Web, Pendekatan Konstruktivistik, ADDIE, Bahasa Inggris. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Tiara Arifah |
Date Deposited: | 20 May 2025 23:22 |
Last Modified: | 20 May 2025 23:22 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24096 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |