Lathifah, Desi Fairuz (2025) HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PENGGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK DAN LITERASI DIGITAL DENGAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI MATERI PERUBAHAN SOSIAL PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 2 DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2114091001-COVER.pdf Download (858kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2114091001-ABSTRAK.pdf Download (249kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2114091001- BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (348kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2114091001- BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (392kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2114091001- BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (477kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2114091001- BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (549kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2114091001- BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2114091001 - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (239kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2114091001- LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena maraknya penggunaan media sosial TikTok di kalangan pelajar yang menjadi perhatian para pendidik, mengingat kecenderungan siswa yang terlalu asyik bermedia sosial seringkali mengabaikan kewajiban belajarnya. Fokus studi ini adalah mengkaji hubungan antara intensitas penggunaan TikTok dan kompetensi literasi digital dengan prestasi belajar sosiologi pada materi perubahan sosial, khususnya di kalangan siswa kelas XII SMA Negeri 2 Denpasar. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan menetapkan dua variabel independen: (1) intensitas penggunaan TikTok (X1) dan (2) literasi digital (X2), serta satu variabel dependen yaitu hasil belajar sosiologi (Y). Sampel sebanyak 135 siswa dipilih dari total populasi 218 siswa kelas XII dengan teknik Isaac dan Michael pada tingkat signifikansi 5%. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya, kemudian dianalisis menggunakan teknik korelasi berganda. Hasil analisis mengungkapkan korelasi positif yang signifikan (r=0,528) antara variabel-variabel yang diteliti. Uji determinasi menunjukkan kontribusi sebesar 27,9%, mengindikasikan bahwa kombinasi penggunaan TikTok yang proporsional dan penguasaan literasi digital dapat mendukung peningkatan hasil belajar sosiologi materi perubahan sosial. Temuan ini menawarkan perspektif baru tentang potensi pemanfaatan media sosial dalam konteks pembelajaran, khususnya dalam mata pelajaran sosiologi di lingkungan sekolah menengah atas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi Digital, Hasil Belajar, Penggunaan TikTok |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sosiologi (S1) |
Depositing User: | Desi Fairuz Lathifah |
Date Deposited: | 16 May 2025 09:55 |
Last Modified: | 16 May 2025 09:55 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24113 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |