Situmeang, Novelia (2025) REPRESENTASI KONFLIK DALAM FILM NGERI NGERI SEDAP MENGGUNAKAN TEORI LEWIS COSER DAN POTENSINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SOSIOLOGI DI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2114091013-COVER.pdf Download (821kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2114091013-ABSTRAK.pdf Download (115kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2114091013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (293kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2114091013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (344kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2114091013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2114091013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2114091013-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2114091013-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (176kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2114091013-LAMPIRAN.pdf Download (119kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk – bentuk konflik dalam film Ngeri Ngeri Sedap menurut teori Lewis Coser; dampak konflik dalam film Ngeri Ngeri Sedap menggunakan teori Lewis Coser; untuk mengetahui aspek dari konflik menurut teori Lewis Coser dalam film Ngeri Ngeri Sedap yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar sosiologi di SMA. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan studi dokumentasi. Semiotikan Roland Barthes dingunakan sebagai pengecekan keabsahan data. Menggunakan teknik analisa data analisis teks dari Roland Barthes. Penemuan penelitian ini berupa bentuk – bentuk konflik yang terdapat dalam film Ngeri Ngeri Sedap menggunakan teori Lewis Coser, yaitu konflik realistik dan konflik nonrealistik. Dampak konflik yang timbul dalam film Ngeri Ngeri Sedap menurut teori Lewis Coser yaitu, katub penyelamat dan mempengaruhi pola komunikasi. Sumber belajar pada penelitian ini memenuhi aspek kognitif bahwa siswa dapat memahami dan menganalisis jenis – jenis dan dampak konflik, aspek afektif siswa mampu mengerti dampak dari konflik sosial, dan ranah psikomotorik siswa dapat meminimalisir konflik sosial di dalam kehidupan sehari -hari.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Film, konflik sosial, sumber belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sosiologi (S1) |
Depositing User: | Novelia Situmeang |
Date Deposited: | 18 May 2025 12:48 |
Last Modified: | 18 May 2025 12:48 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24147 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |