Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Make A Match Berbantuan Game Edukasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar IPAS Peserta Didik Kelas V SD Gugus V Kecamatan Seririt Tahun Pelajaran 2024/2025

Dwi Sartika, Kadek Helin (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Make A Match Berbantuan Game Edukasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar IPAS Peserta Didik Kelas V SD Gugus V Kecamatan Seririt Tahun Pelajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (2111031445_COVER)
2111031445_COVER.pdf

Download (421kB)
[img] Text (2111031445_ABSTRAK)
2111031445_ABSTRAK.pdf

Download (159kB)
[img] Text (2111031445_BAB I PENDAHULUAN)
2111031445_BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (134kB)
[img] Text (2111031445_BAB II KAJIAN TEORI)
2111031445_BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text (2111031445_BAB III METODE PENELITIAN)
2111031445_BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text (2111031445_BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
2111031445_BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text (2111031445_BAB V PENUTUP)
2111031445_BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (2111031445_DAFTAR PUSTAKA)
2111031445_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (110kB)
[img] Text (2111031445_LAMPIRAN)
2111031445_LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative tipe Make A Match berbantuan Game Edukasi Wordwall terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimen, dengan rancangan yang digunakan Non-Equivalent Post-test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini merupakan keseluruhan peserta didik kelas V SD di Gugus V Kecamatan Seririt Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2024/2025 yang terdiri dari 6 sekolah dengan jumlah peserta didik sebanyak 107 peserta didik. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Random Sampling, yang dirandom yaitu kelas sebagai Intact Group dengan komposisi sampel SD Negeri 1 Gunung Sari yang berjumlah 22 peserta didik sebagai kelompok kontrol dan SD Negeri 3 Gunung Sari yang berjumlah 29 peserta didik sebagai kelompok Eksperimen. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data hasil belajar IPAS adalah metode tes dengan menggunakan tes objektif yang berjumlah 25 butir. Data tersebut dianalisis menggunakan uji-t, diperoleh hasil thitung = 8,237 dan ttabel = 2,009. Kriteria pengujian menunjukan thitung (8,237) > ttabel (2,009) maka H1 diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan dari hasil analisis data dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Cooperative tipe Make A Match berbantuan Game Edukasi Wordwall terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas V SD Gugus V Kecamatan Seririt Tahun Pelajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Cooperative tipe Make A Match, Game Edukasi Wordwall, hasil belajar IPAS.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kadek Helin Dwi Sartika
Date Deposited: 23 May 2025 01:22
Last Modified: 23 May 2025 01:22
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24149

Actions (login required)

View Item View Item