Pengaruh Kuis Digital Berbantuan Baambozle Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Anak Kelompok B di Taman Kanak-kanak Gugus VII Kecamatan Buleleng Tahun Ajaran 2024/2025

Imamah, Nur (2025) Pengaruh Kuis Digital Berbantuan Baambozle Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Anak Kelompok B di Taman Kanak-kanak Gugus VII Kecamatan Buleleng Tahun Ajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111061016-COVER.pdf

Download (856kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111061016-ABSTRAK.pdf

Download (19kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111061016-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (245kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111061016-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (499kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111061016-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111061016-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111061016-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111061016-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111061016-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan berpikir kritis anak, yang disebabkan oleh kurangnya media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Dari permasalahan tersebut perlu diberikan media pembelajaran yang edukatif dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kuis digital berbantuan Baamboozle terhadap kemampuan berpikir kritis anak di TK Gugus VII Kecamatan Buleleng. Jenis penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelompok B di TK Gugus VII Kecamatan Buleleng. Sampel penelitian ini yaitu siswa dari kelompok B1 TK Lab Undiksha dengan jumlah siswa 15 orang digunakan sebagai kelompok eksperimen dan kelompok B1 TK Immanuel dengan jumlah siswa 15 orang sebagai kelompok kontrol. Data hasil kecerdasan visual spasial anak dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berupa lembar observasi. Selanjutnya di analisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial (Uji-t). Berdasarkan perhitungan Uji-t menunjukkan bahwa nilai signifikansi kecerdasan berpikir kritis anak = 0,00 < taraf signifikansi 5% (0,00 < 0,05). Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan kuis digital berbantuan Baamboozle terhadap kemampuan berpikir kritis anak di TK Gugus VII Kecamatan Buleleng. Selain itu, berdasarkan analisis deskriptif diperoleh skor rata-rata kelompok eksperimen lebih besar dari skor rata- rata kelompok kontrol yaitu 94,44 > 88,61. Jadi, dapat disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh yang signifikan kuis digital berbantuan Baamboozle terhadap kemampuan berpikir kritis anak di TK Gugus VII Kecamatan Buleleng. Kata Kunci: Kuis digital Baamboozle, Kemampuan Berpikir Kritis Anak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kuis digital Baamboozle, Kemampuan Berpikir Kritis Anak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Nur Imamah
Date Deposited: 23 May 2025 01:08
Last Modified: 23 May 2025 01:08
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24179

Actions (login required)

View Item View Item