DEWANTI, ANAK AGUNG AYU KAULIKA (2025) PENGEMBANGAN MODEL BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN BEHAVIORAL TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENCEGAH PERILAKU BULLYING PADA SISWA SMP. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111011039_COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111011039_ABSTRAK.pdf Download (281kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111011039_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (318kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111011039_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (393kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2111011039_BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (549kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
2111011039_BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111011039_BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111011039_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (269kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111011039_LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kajian ini dilakukan agar dapat mencegah perilaku bullying, mendeskripsikan keberterimaan dan efektivitas pengembangan guna meminimalisir tindakan bullying di kalangan siswa SMP. Peneliti menggunakan model penelitian 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Desain penelitian ini menggunakan pre-test post-test control group. Analisis data dilakukan dengan metode statistik parametrik yaitu menggunakan independent sample t-test kemudian dilakukan pengujian effect size. Hasil pengembangan ini menunjukan bahwa, mendapatkan hasil review ahli materi dan review ahli media memperoleh penilaian skor 1 dengan kualifikasi valid. Sedangkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa, pelaksanaan treatment layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan behavioral teknik role playing dengan menggunakan media mengalami peningkatan (t = 16.36 signifikan 0.000 (p < 0.05), sedangkan hasil uji effect size dengan nilai t =3,568 menunjukkan bahwa, penggunaan media terbukti efektif dalam upaya pencegahan perilaku bullying pada siswa SMP dengan tingkat efektivitas yang termasuk dalam kategori sangat tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Role playing, Pendekatan Behavioral 4D, Bullying, Pengembangan |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1) |
Depositing User: | Anak Agung Ayu Kaulika Dewanti |
Date Deposited: | 20 May 2025 23:35 |
Last Modified: | 20 May 2025 23:35 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24190 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |