PENGEMBANGAN MODEL BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN BEHAVIORAL TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENCEGAH PERILAKU BULLYING PADA SISWA SMP

DEWANTI, ANAK AGUNG AYU KAULIKA (2025) PENGEMBANGAN MODEL BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN BEHAVIORAL TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENCEGAH PERILAKU BULLYING PADA SISWA SMP. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111011039_COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111011039_ABSTRAK.pdf

Download (281kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111011039_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (318kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111011039_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2111011039_BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (549kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
2111011039_BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111011039_BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111011039_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (269kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111011039_LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kajian ini dilakukan agar dapat mencegah perilaku bullying, mendeskripsikan keberterimaan dan efektivitas pengembangan guna meminimalisir tindakan bullying di kalangan siswa SMP. Peneliti menggunakan model penelitian 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Desain penelitian ini menggunakan pre-test post-test control group. Analisis data dilakukan dengan metode statistik parametrik yaitu menggunakan independent sample t-test kemudian dilakukan pengujian effect size. Hasil pengembangan ini menunjukan bahwa, mendapatkan hasil review ahli materi dan review ahli media memperoleh penilaian skor 1 dengan kualifikasi valid. Sedangkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa, pelaksanaan treatment layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan behavioral teknik role playing dengan menggunakan media mengalami peningkatan (t = 16.36 signifikan 0.000 (p < 0.05), sedangkan hasil uji effect size dengan nilai t =3,568 menunjukkan bahwa, penggunaan media terbukti efektif dalam upaya pencegahan perilaku bullying pada siswa SMP dengan tingkat efektivitas yang termasuk dalam kategori sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Role playing, Pendekatan Behavioral 4D, Bullying, Pengembangan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1)
Depositing User: Anak Agung Ayu Kaulika Dewanti
Date Deposited: 20 May 2025 23:35
Last Modified: 20 May 2025 23:35
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24190

Actions (login required)

View Item View Item