ANALISIS KEBUTUHAN PEMBELAJARAN LITERASI BACA TULIS DI SEKOLAH DASAR GUGUS VII KECAMATAN BUSUNGBIU

Saputra, Made Darma (2025) ANALISIS KEBUTUHAN PEMBELAJARAN LITERASI BACA TULIS DI SEKOLAH DASAR GUGUS VII KECAMATAN BUSUNGBIU. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031227-COVER.pdf

Download (740kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031227-ABSTRAK.pdf

Download (29kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031227-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (106kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031227-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031227-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
1911031227-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031227-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031227-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031227-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi pembelajaran literasi baca tulis serta mengidentifikasi kebutuhan guru dalam menerapkan program literasi yang inovatif di sekolah dasar Gugus VII, Kecamatan Busungbiu. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan melibatkan 91 siswa kelas III dan enam guru melalui teknik sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner kepada guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi pembelajaran literasi baca tulis dari siswa berada pada kategori tinggi dengan persentase 63,2%. Kepemilikan literasi siswa cukup baik, tetapi masih terdapat siswa yang mengalami kendala dalam persepsi kepemilikan literasi baca tulis, terutama dalam dimensi menilai dan merefleksikan informasi yang keduanya masih berada dalam kategori sedang. Sedangkan, kondisi pembelajaran literasi baca tulis dari guru berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase 91,1%. Hasil analisis kebutuhan pembelajaran literasi baca tulis ini berada pada persentase 100% yang menunjukkan pentingnya penerapan literasi baca tulis secara rutin, dibutuhkan pengembangan, dan setuju diterapkan pada pembelajaran. Penelitian ini menekankan pentingnya inovasi berkelanjutan dan integrasi metode pembelajaran berbasis literasi dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa analisis kebutuhan untuk pembelajaran literasi baca tulis untuk siswa di sekolah dasar yaitu sebuah inovasi dan pengembangan untuk pembelajaran literasi baca tulis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kebutuhan, Literasi, Literasi Baca Tulis
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Made Darma Saputra
Date Deposited: 22 May 2025 01:26
Last Modified: 22 May 2025 01:26
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24203

Actions (login required)

View Item View Item