Salsabila, Natasya (2025) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE SUSTAINED SILENT READING TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI GUGUS III KECAMATAN SUKASADA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031012-COVER.pdf Download (884kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031012-ABSTRAK.pdf Download (246kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (324kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (488kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031012-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (721kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (473kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031012-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031012-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (337kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031012-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa, yang disebabkan oleh suasana kelas yang kurang kondusif saat sesi membaca, sehingga menghambat konsentrasi siswa dalam memahami isi teks. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode Sustained Silent Reading (SSR) terhadap peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD di Gugus III Kecamatan Sukasada. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu dan desain Nonequivalent Pre-Test Post-Test Control Group Design. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas V SD di Gugus III Kecamatan Sukasada, dengan teknik random sampling untuk menentukan sampel. Sampel terdiri atas siswa kelas V SD Negeri 3 Pegadungan sebanyak 17 orang sebagai kelompok eksperimen yang mendapatkan pembelajaran dengan metode SSR, serta siswa kelas V SD Negeri 1 Padangbulia sebanyak 28 orang sebagai kelompok kontrol yang dibelajarkan dengan metode konvensional. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda berjumlah 20 soal untuk mengukur kemampuan membaca pemahaman siswa. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial melalui uji-t. Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,005, yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode Sustained Silent Reading efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD di Gugus III Kecamatan Sukasada pada Tahun Ajaran 2024/2025.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Sustained Silent Reading, kemampuan membaca pemahaman, Pendekatan Whole Language |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Natasya Salsabila |
Date Deposited: | 23 May 2025 02:47 |
Last Modified: | 23 May 2025 02:47 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24219 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |