PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF BUSY BOOK BERBASIS LIFE SKILL GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN TK EKA DHARMA SINGARAJA

Suwita, Kadek Tissa Prilya (2025) PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF BUSY BOOK BERBASIS LIFE SKILL GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN TK EKA DHARMA SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111061015-COVER.pdf

Download (397kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111061015-ABSTRAK.pdf

Download (157kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111061015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (209kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111061015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111061015-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111061015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111061015-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111061015-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111061015-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji efektivitas media pembelajaran Busy Book berbasis keterampilan hidup dalam meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia 4–5 tahun di TK Eka Dharma Singaraja. Media Busy Book dirancang menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap: analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Analisis menunjukkan bahwa media yang digunakan sebelumnya kurang efektif dalam menstimulasi perkembangan motorik halus anak. Sehingga, Busy Book dikembangkan untuk mendukung keterampilan kehidupan sehari-hari seperti mengancingkan baju, mengikat tali sepatu, dan lainnya. Pengujian validitas oleh ahli menunjukkan bahwa media ini sangat baik dan uji kepraktisan oleh guru memperoleh skor 4,8. Implementasi media pada 20 anak di TK Eka Dharma menunjukkan hasil positif, di mana anak-anak menunjukkan peningkatan keterampilan motorik halus dan kemandirian. Hasil uji statistik Paired Samples T- Test menunjukkan bahwa penggunaan media ini signifikan meningkatkan keterampilan motorik halus anak. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa Busy Book berbasis keterampilan hidup efektif dalam meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia dini, serta dapat digunakan sebagai media alternatif dalam pembelajaran anak usia dini. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya inovasi dalam media pembelajaran yang tidak hanya menyenangkan, tetapi juga menanamkan keterampilan hidup yang berguna bagi perkembangan anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Alat Permainan Edukatif, Keterampilan Motorik Halus
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Kadek Tissa Prilya Suwita
Date Deposited: 23 May 2025 01:22
Last Modified: 23 May 2025 01:22
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24220

Actions (login required)

View Item View Item