Triyanti, Ni Komang Soni (2025) Pengembangan Media Video Animasi Berbantuan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kenyamanan dan Kebahagiaan Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031114-COVER.pdf Download (880kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031114-ABSTRAK.pdf Download (201kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031114-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (272kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031114-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (428kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031114-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (446kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031114-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (700kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031114-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031114-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (221kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031114-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan dalam mengembangkan media video animasi berbantuan aplikasi canva sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kenyamanan dan kebahagiaan belajar siswa kelas V sekolah dasar. Video animasi memiliki potensi besar untuk menyajikan materi secara visual dan dinamis, sehingga membuat pembelajaran lebih menarik dan mudah dipahami. Penelitian ini dilakukan di kelas V dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Temuan utaman dalam penelitian ini meliputi: 1) menghasilkan media pembelajaran berupa video animasi, 2) menganalisis validitas isi media video animasi, 3) menganalisis respon atau kepraktisan siswa terhadap media video animasi, 4) menguji efektivitas media video animasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation) dan melibatkan validasi dari para ahli serta uji praktis pada siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan kuesioner. Sementara jenis data pada penelitian pengembangan ini yaitu data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) hasil penelitian berupa pengembangan video animasi berbantuan aplikasi canva, 2) hasil validitas menunjukan bahwa media video animasi yang dikembangkan memiliki indeks validitas media sebesar 0,97 dengan kualifikasi media tinggi, 3) hasil analisis kepraktisan media menunjukan kualifikasi sangat baik dengan nilai sebesar 96%, dan 4) hasil efektivitas media yang diuji dengan uji-t berkolerasi pada tingkat kenyamanan dan kebahagiaan belajar siswa memperoleh nilai Sig. (2-tailed) < 0,05. Hal ini, membuktikan bahwa penggunaan video animasi berbantuan aplikasi canva efektif untuk meningkatkan kenyamanan dan kebahagiaan siswa kelas V sekolah dasar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Animasi1, Kenyamanan Belajar2, Kebahagiaan Bealajar3, |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Soni Triyanti |
Date Deposited: | 23 May 2025 07:05 |
Last Modified: | 23 May 2025 07:05 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24222 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |