Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika Berorientasi Higher Order Thinking Skills Pada Topik Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar

Antara, I Gede Wahyu Suwela (2020) Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika Berorientasi Higher Order Thinking Skills Pada Topik Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031047-COVER.pdf

Download (786kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031047-ABSTRAK.pdf

Download (310kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031047-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (330kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031047-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text (METODELOGI PENELITIAN)
1611031047-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031047-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (534kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031047-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031047-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031047-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian hasil belajar matematika berupa soal tes berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang valid dan reliabel serta mendeskripsikan kualitas soal tes yang dihasilkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi model 4D oleh Thiagarajan. Langkah-langkah model tersebut terdiri dari : tahap mendefenisikan (define); tahap merancang (design); dan tahap mengembangkan (develop); dan menyebarluaskan (desseminate). Karena keterbatasan waktu, biaya, dan tenaga, maka penelitian ini hanya dilaksanakan hingga tahap pengembangan saja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian hasil belajar matematika berbasis HOTS yang terdiri dari 18 butir soal uraian, memiliki validitas yang sesuai untuk dapat digunakan berdasarkan hasil penilaian dari pakar dan analisis secara empiris. Instrumen yang dikembangkan memiliki koefisien reliabilitas sebesar 0.659 (Tinggi). Instrumen yang dikembangkan juga memiliki rata-rata tingkat kesukaran sebesar 0.584 (Sedang) dan rata-rata daya pembeda sebesar 0.44 (Sangat Baik). Simpulan dari penelitian ini adalah instrumen yang dikembangkan valid dan reliabel, serta layak digunakan sebagai instrumen penilaian dalam pembelajaran matematika, khususnya topik bangun datar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: instrumen penilaian, matematika, HOTS, bangun datar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Gede Wahyu Suwela Antara
Date Deposited: 27 Jul 2020 03:46
Last Modified: 27 Jul 2020 03:46
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2423

Actions (login required)

View Item View Item