PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN ICE BREAKING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV SD NEGERI 1 BATUR

Pratiwi, Ni Kadek Era (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN ICE BREAKING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV SD NEGERI 1 BATUR. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2011031186-COVER.pdf

Download (993kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031186-ABSTRAK.pdf

Download (720kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031186-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (636kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031186-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (866kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031186-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (860kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031186-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031186-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031186-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (540kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031186-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai pengaruh penerapan model problem based learning (PBL) yang dibantu dengan ice breaking terhadap hasil belajar IPAS Kelas IV SD Negeri 1 Batur. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, sedangkan tipe quasi eksperimental design yang digunakan adalah tipe nonequivlent control yang dilakukan pada dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Batur yang terbagi dalam kelas-kelas yang sederajat pada semester genap tahun ajaran 2023–2024, yang berjumlah 48 siswa yang terbagi dalam dua kelas. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) antara siswa kelas IV SD Negeri 1 Batur yang mengikuti pembelajaran dengan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan ice breaking dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional. Hal ini terlihat pada hasil uji hipotesis yang menunjukkan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Hasil belajar IPAS siswa di kelas IV SD Negeri 1 Batur yang menggunakan model Problem Based Learning berbantuan ice breaking memperoleh rata-rata nilai 79,78 dengan ketuntasan 100%, sementara kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah) hanya memperoleh rata-rata nilai 39,60 dan tidak ada siswa yang mencapai ketuntasan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Problem Based Learning, Ice Breaking
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Kadek Era Pratiwi
Date Deposited: 26 May 2025 00:36
Last Modified: 26 May 2025 00:36
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24247

Actions (login required)

View Item View Item