Astari, Dewa Ayu Prilya (2025) PENGEMBANGAN MEDIA EXPLOSION BOX BERBASIS LITERASI SAINS MATERI HARMONI DALAM EKOSISTEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111033002-COVER.pdf Download (195kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111033002-ABSTRAK.pdf Download (55kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111033002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (225kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111033002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (371kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111033002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (549kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111033002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111033002-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111033002-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (272kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111033002-LAMPIRAN.pdf Download (17MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Explosion Box berbasis literasi sains pada materi harmoni dalam ekosistem untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, kuesioner dan tes. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan rancang bangun dari media Explosion Box; (2) menguji validitas media Explosion Box; (3) menguji kepraktisan media Explosion Box; (4) dan menguji efektivitas penggunaan media Explosion Box. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif, dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini mendapati rata-rata validitas oleh ahli materi yaitu 3,86 dengan kualifikasi valid/layak digunakan, sedangkan oleh ahli media yaitu 3,9 dengan kualifikasi valid/layak digunakan. Hasil uji kepraktisan oleh guru yaitu 96,7% dengan kualifikasi sangat baik, sedangkan oleh siswa yaitu 96,85% dengan kualifikasi sangat baik. Efektifitas media dengan menggunakan desain one group pre-test post-test mendapatkan hasil uji-t berkolerasi dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 sehingga media Explosion Box efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Temuan ini memberikan solusi yang relevan terhadap rendahnya hasil belajar IPAS siswa, dan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran di kelas V SD. Disimpulkan bahwa media Explosion Box berbasis literasi sains merupakan media pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V di SD Negeri 2 Bungkulan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Explosion Box, literasi sains, model ADDIE |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Dewa Ayu Prilya Astari |
Date Deposited: | 26 May 2025 00:37 |
Last Modified: | 26 May 2025 00:37 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24255 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |