Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Bagian Tubuh Tumbuhan Siswa Kelas IV SD Negeri 4 Banyuasri Tahun Ajaran 2023/2024

Imamah, Fauzatul (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Bagian Tubuh Tumbuhan Siswa Kelas IV SD Negeri 4 Banyuasri Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811021015-COVER.pdf

Download (492kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811021015-ABSTRAKpdf.pdf

Download (82kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811021015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (109kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811021015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811021015-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811021015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (662kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811021015-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811021015-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811021015-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun, menganalisis validitas, dan menguji efektivitas media pembelajaran video animasi dalam mendorong pencapaian pembelajaran siswa. Metode penelitian yang diterapkan yaitu ADDIE, yang mencakup tahap Analisis, Desain, Pengembangan, Penerapan, dan Evaluasi. Data diperoleh melalui penggunaan kuesioner dan ujian, kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif serta uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran ini memiliki validitas sangat baik berdasarkan penilaian ahli isi pembelajaran (96%), ahli desain pembelajaran (85,45%), dan ahli media pembelajaran (92,63%). Uji coba perorangan dan kelompok kecil juga menunjukkan tingkat validitas sangat baik dengan persentase masing-masing 95,14% dan 93,63%. Efektivitas media ini terbukti dengan peningkatan signifikan hasil belajar siswa, di mana rata-rata posttest mencapai 85,33 dibandingkan pretest 28,83 (t-hitung = 38,157 > t-tabel = 2,045). Dengan demikian, media pembelajaran video animasi ini efektif dalam memaksimalkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 4 Banyuasri pada mata pelajaran IPAS materi bagian tubuh tumbuhan tahun ajaran 2023/2024

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Video Animasi, Model ADDIE, IPAS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Fauzatul Imamah
Date Deposited: 26 May 2025 00:45
Last Modified: 26 May 2025 00:45
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24264

Actions (login required)

View Item View Item