Aryani, Kadek Ayu (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOKSTORY BERBASIS APLIKASI RIRI TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI BACA SISWA KELAS III SD DI GUGUS V KECAMATAN GEROKGAK. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031525-COVER.pdf Download (790kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031525-ABSTRAK.pdf Download (112kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031525-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031525-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2111031525-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (486kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031525-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (511kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031525-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031525-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (362kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031525-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh media pembelajaran E-Bookstory berbasis Aplikasi Riri terhadap kemampuan literasi baca siswa Kelas III SD di Gugus V Kecamatan Gerokgak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimen Desain) dengan desain pretest-posttest control group. Eksperimen semu adalah jenis penelitian yang menggunakan kelompok eksperimen dan kontrol namun tidak berfungsi sepenuhnya untuk dapat mengontrol variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Eksperimen semu ini digunakan karena dalam penelitian terdapat faktor-faktor eksternal yang tidak dapat dikendalikan seperti faktor lingkungan yang kurang mendukung siswa untuk belajar membaca. Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mencari hasil dari perbedaan kemampuan literasi baca siswa kelas III yang menggunakan media E-Bookstory berbasis Aplikasi Riri dan kemampuan literasi baca siswa kelas III yang tidak diajarkan dengan menggunakan media E-Bookstory berbasis Aplikasi Riri atau pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Kelas III SD di Gugus V Kecamatan Gerokgak penelitian ini akan menggunakan teknik intact group. Jumlah sampel adalah 61 siswa, yang terdiri dari 24 siswa pada kelompok eksperimen dan 37 siswa pada kelompok kontrol. Sampel diambil dengan teknik intact group yang mana sampel dalam penelitian ini adalah kelas sebagai intact group. Teknik pengumpulan data berupa tes objektif pilihan ganda. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistika deskriptif dan teknik analisis statistika inferensial (uji-t) dengan taraf signifikansi 5%. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara siswa yang belajar menggunakan media E-Bookstory berbasis Aplikasi Riri kelas III di SD N 2 Penyabangan dangan siswa yang belajar literasi baca secara konvensional di SD N 2 Banyupoh.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi Baca, E-bookstory, Aplikasi Riri. |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Kadek Ayu Aryani |
Date Deposited: | 26 May 2025 09:14 |
Last Modified: | 26 May 2025 09:14 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24266 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |