PENGGUNAAN TEKS MULTIMODAL UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS X.3 DI SMA NEGERI 4 SINGARAJA

Suryantini, Ni Kadek Nik (2025) PENGGUNAAN TEKS MULTIMODAL UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS X.3 DI SMA NEGERI 4 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2112011017-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2112011017-ABSTRAK.pdf

Download (262kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112011017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (244kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112011017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2112011017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112011017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (719kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2112011017-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112011017-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2112011017-LAMPIRAN.pdf

Download (759kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan dan hasil teks multimodal untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa di kelas X.3 SMA Negeri 4 Singaraja, mendeskripsikan respons siswa terhadap penggunaan teks multimodal dalam pembelajaran teks biografi. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia dan siswa kelas X.3 SMA Negeri 4 Singaraja tahun ajaran 2025/2026. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan kuesioner. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan teks multimodal yang diterapkan dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa pada pembelajaran teks biografi, meliputi teks multimodal, vidio, infografis, dan teks. Peningkatan hasil belajar terjadi pada siklus I dan siklus II, nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 72,5% (cukup) meningkat pada siklus II menjadi 83 (baik). Terdapat peningkatan sebesar 11,3%. Skor rata-rata respons siswa pada siklus I sebesar 87,7% (positif) dan pada siklus II sebesar 88,9% (sangat positif) mengalami peningkatan sebanyak 1,2%. Secara umum, respons siswa terhadap pembelajaran teks biografi tergolong positif. Penilaian ini mengimplikasikan bahwa masing-masing siswa memiliki karakteristik yang berbeda harus difasilitasi melalui pendekatan teks multimodal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, penggunaan teks multimodal, teks biografi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Ni Kadek Nik Suryantini
Date Deposited: 28 May 2025 00:10
Last Modified: 28 May 2025 00:10
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24309

Actions (login required)

View Item View Item