Rosita, Kadek (2025) PENGGUNAAN MEDIA LAGU INDIE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS XI SMKN BALI MANDARA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2112011043_COVER.pdf Download (312kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2112011043_ABSTRAK.pdf Download (234kB) |
![]() |
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2112011043_BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (229kB) |
![]() |
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2112011043_BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (294kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2112011043_BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (346kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112011043_BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (555kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V PENUTUP)
2112011043_BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112011043_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (231kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2112011043_LAMPIRAN.pdf Download (544kB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan mengkaji penggunaan media lagu indie untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas XI SMKN Bali Mandara dan mengetahui respons siswa terhadap media lagu indie dalam pembelajaran puisi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah guru pengampu bahasa Indonesia dan siswa kelas XI TJKT 1 SMKN Bali Mandara. Pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, tes, dan angket. Data ini dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasilnya menunjukkan ada peningkatan keterampilan menulis puisi siswa. Peningkatan hasil belajar terjadi pada siklus I dan siklus II, nilai rata-rata pada siklus I sebesar 69,6 (Cukup) lalu terjadi peningkatan pada siklus II menjadi 80,1 (Baik). Terjadi peningkatan nilai rata-rata sebesar 10,5%. Skor rata-rata respons siswa pada siklus I sebesar 37,7 (positif) dan pada siklus II sebesar 46,1 (sangat positif). Secara umum, respons siswa terhadap penggunaan media lagu indie tergolong positif. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan media lain yang sesuai dengan pembelajarannya, serta hendaknya guru bahasa Indonesia di sekolah ini menggunakan media ini sebagai salah satu media alternatif yang bisa digunakan saat pembelajaran menulis puisi. Kata kunci: Keterampilan menulis, Lagu indie, Puisi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan menulis, Lagu indie, Puisi |
Subjects: | N Fine Arts > NE Print media P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0441 Literary History |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Kadek Rosita Dewi |
Date Deposited: | 05 Jun 2025 07:01 |
Last Modified: | 05 Jun 2025 07:01 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24324 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |