Pemanfaatan Media Multiliterasi dalam Pembelajaran Teks Eksplanasi di Kelas IX SMP Negeri 3 Singaraja

Palguna, I Made Alfa (2025) Pemanfaatan Media Multiliterasi dalam Pembelajaran Teks Eksplanasi di Kelas IX SMP Negeri 3 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2112011024-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2112011024-ABSTRAK.pdf

Download (312kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112011024-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112011024-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2112011024-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112011024-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2112011024-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112011024-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (701kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2112011024-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan media multiliterasi dalam pembelajaran menyimak teks eksplanasi di kelas IX SMP Negeri 3 Singaraja, mendeskripsikan respons peserta didik terhadap pemanfaatan media multiliterasi dalam pembelajaran menyimak teks eksplanasi di kelas IX SMP Negeri 3 Singaraja, dan menganalisis kendala yang dihadapi oleh guru dalam memanfaatkan media multiliterasi pada pembelajaran menyimak teks eksplanasi di kelas IX SMP Negeri 3 Singaraja. Subjek penelitian ini yaitu, peserta didik kelas IX J dan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IX J SMP Negeri 3 Singaraja. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, Wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media multiliterasi digunakan pada tahap kegiatan inti dalam tahap mengekplorasi dan menalar. Respons peserta didik terhadap pemanfaatan media multiliterasi terkategori positif (76,56). Kendala yang dihadapi oleh guru saat memanfaatkan media multiliterasi bersumber dari aspek sarana -prasarana dan dari aspek peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media multiliterasi, pembelajaran menyimak, teks eksplanasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: I Made Alfa Palguna
Date Deposited: 28 May 2025 07:48
Last Modified: 28 May 2025 07:48
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24325

Actions (login required)

View Item View Item