PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT BERBASIS TRI HITA KARANA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS I KECAMATAN JEMBRANA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Arisanti, Dewa Ayu Kade (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT BERBASIS TRI HITA KARANA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS I KECAMATAN JEMBRANA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031014-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031014-ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1611031014-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (263kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1611031014-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1611031014-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031014-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (558kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1611031014-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031014-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (337kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031014-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament berbasis Tri Hita Karana terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen jenis non equivalent post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 173 orang. Dari populasi tersebut kemudian diambil sampel penelitian dengan teknik random sampling sehingga didapat sampel dalam penelitian ini berjumlah 54 siswa. Dalam penelitian ini data dikumpulkan dengan teknik tes menggunakan instrumen tes objektif bentuk pilihan ganda. Berdasarkan hasil analisis uji-t maka diperoleh thitung= 6,2439 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% adalah 2,006 sehingga thitung > ttabel maka H0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament berbasis Tri Hita Karana dan kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Oleh sebab itu, model pembelajaran Team Games Tournament berbasis Tri Hita Karana cocok diterapkan untuk mengatasi hasil belajar IPA yang rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Team Games Tournament , Tri Hita Karana, dan Hasil Belajar IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Dewa Ayu Kade Arisanti
Date Deposited: 26 Jul 2020 13:25
Last Modified: 26 Jul 2020 13:25
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2435

Actions (login required)

View Item View Item