Ramantari, Putu Amanda Ayu (2025) STUDI KOMPARASI AKTIVITAS BELAJAR ANTARA SISWA SMA PADA MINTAKAT FISIOGRAFIS PERDESAAN DENGAN PERKOTAAN DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI KABUPATEN BADUNG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2114031025-COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2114031025-ABSTRAK.pdf Download (102kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2114031025-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (112kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2114031025-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2114031025-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (464kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2114031025-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (434kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2114031025-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2114031025-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (124kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2114031025-LAMPIRAN.pdf Download (824kB) |
Abstract
Pendidikan merupakan elemen penting dalam pembangunan bangsa, peran guru sangat menentukan kualitas proses pembelajaran, termasuk dalam membangun aktivitas belajar siswa. Salah satu mata pelajaran yang membutuhkan keterlibatan aktif siswa adalah geografi, yang menuntut pengembangan pengetahuan, keterampilan, dan sikap terhadap fenomena geografis. Namun, aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran geografi sering kali menghadapi tantangan, terutama karena adanya perbedaan geografis dan fasilitas pendidikan antara wilayah perdesaan dan perkotaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis aktivitas belajar siswa SMA di perdesaan dan perkotaan dalam pembelajaran geografi di Kabupaten Badung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif komparatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas belajar siswa di wilayah perkotaan lebih tinggi dibandingkan dengan siswa di wilayah perdesaan. Standar deviasi yang lebih besar di wilayah perkotaan mengindikasikan adanya variasi aktivitas belajar yang lebih beragam. Distribusi kategori juga menunjukkan bahwa lebih banyak siswa di perkotaan yang tergolong dalam kategori aktivitas belajar “tinggi” dan “sangat tinggi”. Uji hipotesis menghasilkan nilai t hitung yang lebih besar dari t tabel yang menandakan terdapat perbedaan signifikan aktivitas belajar siswa antara wilayah perdesaan dan perkotaan. Temuan ini menjadi dasar penting dalam merumuskan strategi pembelajaran yang lebih efektif dan kontekstual sesuai karakteristik wilayah masing-masing. Kata kunci : Aktivitas belajar, perdesaan, perkotaan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas belajar, perdesaan, perkotaan |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Geografi > Program Studi Pendidikan Geografi (S1) |
Depositing User: | Putu Amanda Ayu Ramantari |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 03:14 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 03:14 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24351 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |