STUDI KOMPARASI AKTIVITAS BELAJAR ANTARA SISWA SMA PADA MINTAKAT FISIOGRAFIS PERDESAAN DENGAN PERKOTAAN DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI KABUPATEN BADUNG

Ramantari, Putu Amanda Ayu (2025) STUDI KOMPARASI AKTIVITAS BELAJAR ANTARA SISWA SMA PADA MINTAKAT FISIOGRAFIS PERDESAAN DENGAN PERKOTAAN DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI KABUPATEN BADUNG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2114031025-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2114031025-ABSTRAK.pdf

Download (102kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2114031025-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (112kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2114031025-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2114031025-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2114031025-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2114031025-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2114031025-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (124kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2114031025-LAMPIRAN.pdf

Download (824kB)

Abstract

Pendidikan merupakan elemen penting dalam pembangunan bangsa, peran guru sangat menentukan kualitas proses pembelajaran, termasuk dalam membangun aktivitas belajar siswa. Salah satu mata pelajaran yang membutuhkan keterlibatan aktif siswa adalah geografi, yang menuntut pengembangan pengetahuan, keterampilan, dan sikap terhadap fenomena geografis. Namun, aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran geografi sering kali menghadapi tantangan, terutama karena adanya perbedaan geografis dan fasilitas pendidikan antara wilayah perdesaan dan perkotaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis aktivitas belajar siswa SMA di perdesaan dan perkotaan dalam pembelajaran geografi di Kabupaten Badung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif komparatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas belajar siswa di wilayah perkotaan lebih tinggi dibandingkan dengan siswa di wilayah perdesaan. Standar deviasi yang lebih besar di wilayah perkotaan mengindikasikan adanya variasi aktivitas belajar yang lebih beragam. Distribusi kategori juga menunjukkan bahwa lebih banyak siswa di perkotaan yang tergolong dalam kategori aktivitas belajar “tinggi” dan “sangat tinggi”. Uji hipotesis menghasilkan nilai t hitung yang lebih besar dari t tabel yang menandakan terdapat perbedaan signifikan aktivitas belajar siswa antara wilayah perdesaan dan perkotaan. Temuan ini menjadi dasar penting dalam merumuskan strategi pembelajaran yang lebih efektif dan kontekstual sesuai karakteristik wilayah masing-masing. Kata kunci : Aktivitas belajar, perdesaan, perkotaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas belajar, perdesaan, perkotaan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Geografi > Program Studi Pendidikan Geografi (S1)
Depositing User: Putu Amanda Ayu Ramantari
Date Deposited: 02 Jun 2025 03:14
Last Modified: 02 Jun 2025 03:14
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24351

Actions (login required)

View Item View Item