Astini, Komang Sri (2025) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN STORY TELLING BERBANTUAN MEDIA MAINAN WAYANG TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA ANAK KELOMPOK B TK NEGERI PEMBINA SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2229171024-COVER.pdf Download (661kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2229171024-ABSTRAK.pdf Download (70kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229171024-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229171024-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229171024-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229171024-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229171024-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229171024-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (239kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2229171024-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Permasalahan yang ditemukan dalam Kemampuan Bahasa Anak kelompok B TK Negeri Pembina Singaraja, disebabkan dari Lingkungan Keluarga (Orang tua) yaitu dari sebagian anak lahir dari orang tua yang berpendidikan menengah, kurangnya anak diberi kesempatan untuk mengungkapkan alasan atau ketidak setujuan yang mereka inginkan, kurangnya anak mendengarkan cerita atau dongeng yang mereka dengar. Masih banyak ditemukannya anak berbahasa lisan yang belum benar atau baik dan tingkat pencapaian perkembangan bahasa lisannya masih kurang dalam berkomunikasi sehari-hari dari sebab kemungkinan yang terjadi seperti ini maka disekolahan melakukan suatu tindakan untuk menolong anak untuk dapat mengembangkan bahasa mereka dengan baik dan benar. Penggunaan media ketika melakukan storytelling dapat membuat anak lebih tertarik untuk mendengarkan cerita, salah satunya yaitu menggunakan media wayang. Penelitian yang digunakan yaitu posttest only control group design. Dalam penelitian ini, ada dua kelompok subjek satu mendapat perlakuan dan satu kelompok sebagai kelompok kontrol. Dalam populasinya adalah jumlah keseluruhan anak TK Negeri Pembina Singaraja untuk Kelompok B 105 siswa yang digunakan seluruhnya sebagai sampel. Data penelitian yang dilakukan peneliti memakai teknik pengambilan data yaitu teknik observasi. Uji validitas isi dilakukan menggunakan rumus Gregory, dan validitas butir diuji dengan Korelasi Product Moment. Uji prasyarat normalitas dan homogenitas dilakukan sebelum uji hipotesis. Hasil data ini menunjukkan kualifikasi kemampuan bahasa pada kelompok B dengan predikat tinggi menggambarkan kemampuan bahasa individu yang berada di atas rata-rata kelompok acuan, namun belum mencapai kategori yang sangat tinggi. Rentang skor ini dihitung menggunakan nilai tengah (Mi) dengan skor 72 dan simpangan baku (SDi) dengan skor 5,732. Kemudian, kualifikasi kemampuan bahasa dengan predikat tinggi menggambarkan kemampuan bahasa individu yang berada di atas rata-rata kelompok acuan, namun belum mencapai kategori yang sangat tinggi. Rentang skor ini dihitung menggunakan nilai tengah (Mi) dengan skor 72 dan simpangan baku (SDi) 5,78. Data diinterpretasikan hal meliputi nilai signifikansi (0,05) > (0,031), dengan demikian H0 ditolak dan HA diterima. Selain itu hal ini guna ditunjukan dengan hasil t hitung > t tabel dengan nilai t hitung yakni 4,630 > t tabel yakni 1,6678 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran story telling berbantuan media wayang terhadap kemampuan bahasa anak kelompok B di TK Negeri Pembina Singaraja tahun pelajaran 2024/2025.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Storytelling, Bahasa, Media Wayang, Eksperimen |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (S2) |
Depositing User: | Komang Sri Astini |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 11:56 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 11:56 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24352 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |