Hendrayani, Nyoman Rusi (2025) PENGARUH METODE EKSPERIMEN BERBANTUAN MEDIA KONKRIT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR SAINS ANAK KELOMPOK B TK NEGERI KAMPUNG BARU TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2229171020-COVER.pdf Download (851kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2229171020-ABSTRAK.pdf Download (31kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229171020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229171020-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (397kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229171020-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229171020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229171020-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229171020-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (227kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2229171020-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kurangnya penerapan metode pembelajaran yang interaktif dan berbasis pengalaman langsung menjadi faktor yang dapat mempengaruhi rendahnya efektivitas pembelajaran sains, dari 76 orang anak ternyata tidak seluruh anak memiliki kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar sains yang baik, atau dengan kata lain secara kualitatif rata-rata kemampuan anak masih sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode eksperimen berbantuan media konkrit terhadap peningkatan kedua aspek tersebut. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok siswa, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan metode eksperimen berbantuan media konkrit dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen. Jenis dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif yaitu penelitian eksperimen dengan desain eksperimen semu (Quasi Eksperimental Design). Dalam penelitian ini, populasinya adalah jumlah keseluruhan anak TK Negeri Kampung Baru yaitu 76 siswa. Teknik pemilihan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan group random sampling. Pengambilan sampel dilakukan secara acak karena anggota populasi dianggap homogen. Uji validitas isi dilakukan menggunakan rumus Gregory, dan validitas butir diuji dengan Korelasi Product Moment. Uji prasyarat normalitas dan homogenitas dilakukan sebelum uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini didapatkan nilai signifikansi pada kolom Corrected Model sebesar 0,021 < 0,05. Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar anatara anak yang dibelajarkan dengan metode eksperimen berbantuan media konkrit dan anak yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional; terdapat pengaruh implementasi metode eksperimen berbantuan media konkrit terhadap motivasi belajar sains anak; dan terdapat pengaruh implementasi metode eksperimen berbantuan media konkrit terhadap kemampuan berpikir kritis. Kesimpulannya, penggunaan metode eksperimen berbantuan media konkret terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini terjadi karena metode ini memungkinkan siswa untuk mengalami langsung konsep-konsep sains, menganalisis data, serta menarik kesimpulan berdasarkan hasil pengamatan dan percobaan yang dilakukan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Eksperimen, Sains, Motivasi Belajar, Media, Berpikir Kritis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (S2) |
Depositing User: | Nyoman Rusi Hendrayani |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 08:42 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 08:42 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24357 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |