Pengembangan Multimedia Interaktif Berpendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V Di SD Negeri 1 Panji Anom Tahun Pelajaran 2024/2025

Ummah, Hudadiyatul (2025) Pengembangan Multimedia Interaktif Berpendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V Di SD Negeri 1 Panji Anom Tahun Pelajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111021023-COVER.pdf

Download (901kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111021023-ABSTRAK.pdf

Download (171kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111021023-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (307kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111021023-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111021023-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111021023-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111021023-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111021023-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111021023-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: (1) mendeskripsikan rancang bangun pengembangan Multimedia Interaktif berpendekatan kontekstual pada mata pelajaran pendidikan pancasila kelas V di SDN 1 Panji Anom, (2) mengetahui validitas pengembangan Multimedia Interaktif berpendekatan kontekstual pada mata pelajaran pendidikan pancasila kelas V di SDN 1 Panji Anom, (3) mengetahui kepraktisan pengembangan Multimedia Interaktif berpendekatan kontekstual pada mata pelajaran pendidikan pancasila kelas V di SDN 1 Panji Anom (4) mendeskripsikan efektivitas pengembangan Multimedia Interaktif berpendekatan kontekstual pada mata pelajaran pendidikan pancasila kelas V di SDN 1 Panji Anom. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang meliputi lima tahapan sistematis didalamnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Proses rancang bangun pengembangan multimedia interaktif ini dikembangkan melalui tahap model ADDIE yang terdiri atas lima tahapan yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi, (2) Validitas terdiri dari uji validitas ahli dan uji coba produk. Hasil uji validitas ahli: (a) uji ahli isi materi pembelajaran diperoleh skor 92,30% kualifikasi sangat baik, (b) uji ahli desain pembelajaran diperoleh skor 94,54% kualifikasi sangat baik, dan (c) uji ahli media pembelajaran diperoleh skor 95% kualifikasi sangat baik. Hasil uji coba produk: (a) uji coba perorangan diperoleh skor 96,86% kualifikasi sangat baik, (b) uji coba kelompok kecil diperoleh skor 96,27% kualifikasi sangat baik, dan (c) uji coba lapangan diperoleh skor 95,40% kualifikasi sangat baik; (3) Uji kepraktisan oleh guru memperoleh skor 96% kualifikasi sangat baik, (4) Efektivitas multimedia interaktif dilihat dari perbedaan rata-rata pre-test 38,23 dan post-test 87,5. Nilai post-test berada di atas KKTP, disimpulkan bahwa penggunaan multimedia interaktif efektif untuk meningkatkan hasil belajar kelas IV di SDN 1 Panji Anom.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Multimedia Interaktif, ADDIE, Pendekatan Kontekstual
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Hudadiyatul Ummah
Date Deposited: 11 Jun 2025 07:58
Last Modified: 11 Jun 2025 07:58
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24429

Actions (login required)

View Item View Item