PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS KEARIFAN LOKAL BALI DAN EFEKTIVITASNYA TERHADAP PENINGKATAN LITERASI KEBENCANAAN SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN IPS DI SMAN 1 GIANYAR

Sumartika, I Wayan (2025) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS KEARIFAN LOKAL BALI DAN EFEKTIVITASNYA TERHADAP PENINGKATAN LITERASI KEBENCANAAN SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN IPS DI SMAN 1 GIANYAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2329091002-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329091002-ABSTRAK.pdf

Download (222kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329091002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329091002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329091002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329091002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329091002-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329091002-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (377kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329091002-LAMPIRAN-Revisi.pdf

Download (36MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan modul IPS berbasis kearifan lokal Bali yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan literasi kebencanaan siswa kelas X Fase E jenjang SMA. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model 4D meliputi define, design, dan develop yang dimodifikasi dari Sivasailam Thiagarajan. Data penelitian dikumpulkan dengan instrumen observasi, wawancara, dan pencatatan dokumen, serta validasi isi, kepraktisan modul dan instrumen literasi kebencanaan yang mengukur pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa validitas materi, media, dan bahasa modul berkualifikasi sangat baik. Hasil uji kepraktisan menunjukkan bahwa modul sangat praktis. Hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa (1) hasil perhitungan N-gain ternormalisasi kelas kontrol tergolong terjadi penurunan sedangkan kelas eksperimen mengalami peningkatan tergolong sedang. (2) Nilai N-gain kelas eksperimen melampaui N-gain kelas kontrol berarti modul yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan literasi kebencanaan. (3) Modul yang dikembangkan berpengaruh signifikan terhadap literasi kebencanaan siswa yang berarti terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa (1) modul berbasis kearifan lokal Bali, (2) modul telah memperoleh penilaian yang valid dari segi materi, bahasa, dan media, (3) modul telah memperoleh penilaian yang praktis dari guru dan siswa, dan (4) modul efektif meningkatkan literasi kebencanaan siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan kepada guru dan siswa untuk memanfaatkan modul sebagai sumber belajar kontekstual, menciptakan lingkungan belajar mandiri yang berbasis kearifan lokal.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: modul, kearifan lokal, literasi kebencanaan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
G Geography. Anthropology. Recreation > GB Physical geography
G Geography. Anthropology. Recreation > GC Oceanography
G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2)
Depositing User: I WAYAN SUMARTIKA
Date Deposited: 12 Jun 2025 14:16
Last Modified: 12 Jun 2025 14:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24446

Actions (login required)

View Item View Item