Safitri, Rini Indri (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) BERBASIS AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 5 DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
1814031002-COVER.pdf Download (513kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
1814031002-ABSTRAK.pdf Download (322kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1814031002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (565kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1814031002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (756kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1814031002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (871kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1814031002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (825kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
1814031002-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1814031002-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (524kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
1814031002-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) mengkaji penerapan model pembelajaran Group Investigation berbasis Audiovisual pada mata pelajaran geografi, (2) menganalisis pengaruh model Group Investigation berbasis Audiovisual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri 5 Denpasar. Penelitian ini menggunakan metode (Quasi experimental) dengan desain Non-equivalent Control Group Desain . Subjek penelitian terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas X.2 sebagai kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran model pembelajaran Group Investigation berbasis Audiovisual dan kelas X.1 sebagai kelas kontrol yang diberikan model pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan menggunakan instrumen observasi dan tes hasil belajar siswa, kemudian dianalisis menggunakan Liliefors, Levene’s dan Uji-t. Hasil penelitian menunjukan : (1) Penerapan pembelajaran Group Investigation berbasis Audiovisual, secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa, sebagai mana berdasarkan hasil belajar pada kelas kontrol dan eksperimen. (2) Model Group Investigation berbasis Audiovisual yang diterapkan oleh guru di SMA Negeri 5 Denpasar terbukti berdampak terhadap hasil belajar siswa, pada kelas eksperimen menunjukan terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa di bandingkan dengan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa di kelas eksperimen. Dengan demikian, model pembelajaran Group Investigation berbasis Audiovisual efektif dalam meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Group Investigation. Audiovisual. Geografi |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Geografi > Program Studi Pendidikan Geografi (S1) |
Depositing User: | Rini Indri Safitri |
Date Deposited: | 28 Jun 2025 01:19 |
Last Modified: | 28 Jun 2025 01:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24449 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |