PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERPENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI ATURAN DI SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS II SD

Sukerni, Ni Kadek (2025) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERPENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI ATURAN DI SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS II SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031452-COVER.pdf

Download (740kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031452-ABSTRAK.pdf

Download (67kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031452-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (104kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031452-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031452-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031452-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (879kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031452-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031452-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (209kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031452-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Permasalahan dalam pembelajaran yang kurang tepat berdampak pada rendahnya motivasi belajar siswa kelas II SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah tersebut dengan mengembangkan Video Animasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Penelitian ini mencakup analisis perancangan produk, validitas, kepraktisan, serta uji efektivitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perancangan Video Animasi Berbasis Pendekatan Kontekstual dibuat berdasarkan analisis kebutuhan yang telah diuji dan disetujui. Video animasi ini dirancang dalam bentuk 2D dengan tampilan visual yang menarik; (2) hasil validasi oleh ahli media dan ahli materi menunjukkan tingkat validitas yang sangat baik dengan skor masing-masing 0,94% dan 0,99%; (3) uji kepraktisan yang melibatkan pengguna menunjukkan hasil positif, dengan skor sebesar 92,5% dari uji coba guru, 93% dari uji coba perorangan, dan 87% dari uji coba kelompok kecil, sehingga Video Animasi Berbasis Pendekatan Kontekstual dinyatakan sangat praktis; (4) hasil uji coba menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam motivasi belajar siswa setelah menggunakan Video Animasi Berbasis Pendekatan Kontekstual. Dengan demikian, video animasi ini terbukti valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas II SD Negeri 1 Penarukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Video Animasi, Kontekstual, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Kadek Sukerni
Date Deposited: 16 Jun 2025 07:02
Last Modified: 16 Jun 2025 07:02
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24473

Actions (login required)

View Item View Item