Artana, Komang Budi (2025) Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PJOK Materi Bola Besar Sepak Bola Pada Peserta Didik Kelas VIII A di SMP Negeri 1 Seririt Tahun Pelajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2116011013-COVER.pdf Download (914kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2116011013-ABSTRAK.pdf Download (294kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2116011013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (257kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2116011013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (466kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2116011013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (384kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2116011013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (361kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2116011013-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2116011013-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (262kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2116011013-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan atau memperbaiki hasil pembelajaran yang seharusnya dilakukan oleh guru secara profesional yang akan diterapkan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A di SMP Negeri 1 Seririt Tahun Pelajaran 2024/2025 yang berjumlah 30 peserta didik yang terdiri dari 16 putra dan 14 putri. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan lembar tes dan dokumentasi. Penelitian ini mengimplementasikan model pembelajaran Problem Based Learning yang dilakukan dalam 2 siklus, hasil siklus I pada aspek afektif peserta didik yang mendapatkan kategori tuntas sebesar 100% dan pada aspek kognitif peserta didik mendapatkan kategori tuntas sebesar 83,3% dan pada aspek psikomotorik peserta didik mendapatkan kategori tuntas sebesar 83,3%. Setalah diberikan siklus II pada aspek afektif peserta didik yang mendapatkan kategori tuntas sebesar 100% dan pada aspek kognitif peserta didik yang mendapatkan kategori tuntas sebesar 100% dan pada aspek psikomotorik peserta didik yang mendapatkan kategori tuntas sebesar 100%. Berdasarkan hasil di atas menunjukan bahwa implementasi model pembelajarn Problem Based Learning ini dapat meningkatkan hasil belajar terhadap peserta didik kelas VIII A di SMP Negeri 1 Seririt Tahun Pelajaran 2024/2025. Disarankan dengan adanya penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan masukan bagi pendidik dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di dalam kelas, terutama pada materi pemecahan masalah dan untuk menunjang semangat serta kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan berpikir kritis tentang materi yang diajarkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Hasil Belajar, Sepak Bola |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | Komang Budi artana |
Date Deposited: | 20 Jun 2025 03:25 |
Last Modified: | 20 Jun 2025 03:25 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24474 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |