Nurohmah, Melinda (2025) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA PROSES INTERAKSI SOSIAL DALAM PERSPEKTIF DRAMATURGI ERVING GOFFMAN SERTA POTENSINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SOSIOLOGI DI SMA (STUDI KASUS PADA MAHASISWA JURUSAN SEJARAH SOSIOLOGI DAN PERPUSTAKAAN). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2114091003-COVER.pdf Download (709kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2114091003-ABSTRAK.pdf Download (126kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2114091003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (258kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2114091003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (325kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2114091003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2114091003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2114091003-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2114091003-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (208kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2114091003-LAMPIRAN.pdf Download (627kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana mahasiswa Jurusan Sejarah, Sosiologi, dan Perpustakaan Universitas Pendidikan Ganesha memanfaatkan media sosial Instagram dalam proses interaksi sosial, serta menganalisisnya melalui perspektif dramaturgi Erving Goffman. Media sosial saat ini menjadi ruang baru dalam menjalin hubungan sosial, di mana pengguna dapat menampilkan berbagai aspek diri mereka, baik secara spontan maupun terencana. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengandalkan metode observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi terhadap 6 informan yang aktif menggunakan Instagram sebagai media interaksi.Temuan penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa menggunakan Instagram sebagai sarana untuk membangun citra diri yang diinginkan. Mereka secara sadar mengatur unggahan, caption, dan interaksi di fitur seperti story dan direct message, sebagai bagian dari “panggung depan” dalam teori dramaturgi Goffman. Di balik itu, terdapat sisi “panggung belakang” di mana mahasiswa bersikap lebih otentik dan terbuka hanya kepada orang-orang terdekat. Penelitian ini juga mengidentifikasi bahwa Instagram memiliki potensi sebagai sumber belajar sosiologi di SMA karena memungkinkan pengamatan langsung terhadap bentuk-bentuk interaksi sosial modern, peran sosial, dan konstruksi identitas.Hasil dari penelitian ini menegaskan bahwa interaksi sosial di media digital tidak lepas dari unsur manajemen kesan (impression management), dan Instagram menjadi media yang strategis untuk menampilkan dan membentuk identitas sosial secara visual. Penelitian ini merekomendasikan pemanfaatan media sosial sebagai sumber belajar yang kontekstual dan relevan dalam pendidikan sosiologi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Instagram, interaksi sosial, dramaturgi, sumber belajar sosiologi |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sosiologi (S1) |
Depositing User: | MELINDA NUROHMAH |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 06:53 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 06:53 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24488 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |