Reastiti, Ni Luh Gede (2025) EVALUASI PELAKSANAAN BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMK NEGERI DI KABUPATEN KARANGASEM. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2113011071-COVER.pdf Download (668kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113011071-ABSTRAK.pdf Download (312kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113011071-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (328kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113011071-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (515kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113011071-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (414kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113011071-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (454kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2113011071-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (321kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113011071-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (241kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113011071-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan blended learning pada mata pelajaran matematika di SMK Negeri di Kabupaten Karangasem. Sudah diterapkan blended learning pada beberapa semester di SMK Negeri di Kabupaten Karangasem tetapi hasil efektivitasnya belum ada. Metode penelitian menggunakan studi evaluasi berdasarkan model Context, Input, Process, Product (CIPP). Dari 6 SMK Negeri yang ada di Kabupaten Karangasem, terdapat 2 sekolah yang diteliti yang menerapkan blended learning. 11 guru matematika dan 336 siswa dijadikan subjek dalam penelitian ini. Teknik analisis data kuantitatif deskriptif dengan teknik skoring pada skala likert kemudian diinterpretasikan berdasarkan kategori persentase, sedangkan teknik analisis data kualitatif yang digunakan menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesiapan guru berada pada kategori sangat baik dengan persentase 84% sedangkan kesiapan siswa tergolong baik dengan persentase 80%. Materi dan platform pembelajaran dinilai baik oleh guru dengan persentase 81% maupun siswa dengan persentase 80%. Pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran juga berada pada kategori baik untuk guru dengan persentase 82% dan siswa dengan persentase 80%. Pada hasil belajar siswa dan respon siswa, guru dengan persentase 79% dan siswa dengan persentase 79%, keduanya termasuk kategori baik. Guru dan siswa umumnya telah menunjukkan kesiapan dalam melaksanakan blended learning, didukung oleh kesiapan infrastruktur teknologi yang memadai. Materi pembelajaran telah disusun dengan baik oleh guru, sementara platform pembelajaran yang digunakan cukup bervariasi. Pelaksanaan blended learning dilakukan secara terjadwal. Evaluasi pembelajaran dilaksanakan secara berkala. Hasil belajar siswa cukup baik, siswa lebih fokus dan antusias pada mata pelajaran produktif dibandingkan mata pelajaran matematika. Terdapat kendala yang dihadapi yaitu interaksi kurang ketika pembelajaran online, keterbatasan jaringan beberapa siswa di rumah, dan membuat media yang menarik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi, Pembelajaran Matematika, Blended Learning, CIPP |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Gede Reastiti |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 01:41 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 01:41 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24492 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |