PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL NGAYAH PADA MATERI PERILAKU SESUAI NILAI-NILAI PANCASILA KELAS V SEKOLAH DASAR

Mahayani, Krishna (2025) PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL NGAYAH PADA MATERI PERILAKU SESUAI NILAI-NILAI PANCASILA KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031146-COVER.pdf

Download (803kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031146-ABSTRAK.pdf

Download (260kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031146-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (344kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031146-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (549kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031146-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (707kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031146-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031146-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031146-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (281kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031146-LAMPIRAN.pdf

Download (13MB)

Abstract

Kurangnya ketersediaan media pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila, membuat proses pembelajaran menjadi kurang menarik dan berpengaruh terhadap rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media Video Interaktif Berbasis Kearifan Lokal Ngayah pada Materi Perilaku Sesuai Nilai-Nilai Pancasila Kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian pre-eksperimental dengan desain one-group pre-test dan post-test. Pengembangannya menggunakan model penelitian ADDIE yang meliputi tahap Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluate. Subjek uji coba meliputi 2 ahli materi, 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media, 12 siswa untuk uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil. Sementara objek penelitian ini adalah validitas, kepraktisan, dan efektivitas media video interaktif terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, meliputi metode wawancara, observasi, angket, tes, dan studi dokumen. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Video interaktif berbasis kearifan lokal Ngayah teruji valid dan praktis untuk digunakan, dan (2) Berdasarkan hasil uji Paired Sample t-Test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05), video interaktif ini efektif untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa. Dapat disimpulkan, Video Interaktif Berbasis Kearifan Lokal Ngayah pada Materi Perilaku Sesuai Nilai-Nilai Pancasila yang dikembangkan teruji valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran serta dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas VB SD Negeri 1 Penarukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Video Interaktif, Pendidikan Pancasila, Kearifan Lokal, Ngayah
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Krishna Mahayani
Date Deposited: 23 Jun 2025 04:11
Last Modified: 23 Jun 2025 04:11
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24594

Actions (login required)

View Item View Item