Kasuma, I Gusti Ngurah Alit Wijaya (2025) Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatan Hasil Belajar PJOK Materi Bola Voli (Teknik Dasar Passing) Pada Siswa Kelas VIII B Di SMP Negeri 5 Kediri Tahun Ajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2116011027-COVER.pdf Download (481kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2116011027-ABSTRAK.pdf Download (237kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2116011027-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (369kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2116011027-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (597kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2116011027-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (513kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2116011027-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (558kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2116011027-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2116011027-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (471kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2116011027-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar PJOK materi bola voli (teknik dasar passing) pada siswa kelas VIII B di SMP Negeri 5 Kediri dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini merupakan siswa kelas VIII B di SMP Negeri 5 Kediri yang berjumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi pada aspek sikap dan aspek keterampilan, tes tulis pada aspek pengetahuan dan tes praktik terhadap aspek keterampilan, serta data di analisis menggunakan analisis Statistik Deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan terhadap hasil belajar PJOK materi bola voli (teknik dasar passing) pada siswa kelas VIII B dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang dapat dilihat dari peningkatan siswa kelas VIII B pada siklus I tuntas 15 siswa (62,50%) sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 20 siswa (83,33%). Dapat simpulkan, model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar PJOK materi bola voli (teknik dasar passing) pada siswa kelas VIII B di SMP Negeri 5 Kediri. Disarankan kepada guru PJOK menggunakan model pembelajaran problem based learning karena dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Hasil Belajar, Bola Voli, Passing |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | I Gusti Ngurah Alit Wijaya Kasuma |
Date Deposited: | 20 Jun 2025 03:21 |
Last Modified: | 20 Jun 2025 03:21 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24604 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |