Nita Andriani, Ni Luh (2020) PENGARUH MODEL PAKEM BERBASIS TRI HITA KARANA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN PPKn SISWA KELAS V SD GUGUS VII KECAMATAN KUTA SELATAN KABUPATEN BADUNG TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031053-COVER.pdf.revisiiiii.pdf Download (710kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031053-ABSTRAK.pdf.revisi.pdf Download (307kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031053-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf Download (334kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031053-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (371kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031053-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (952kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031053-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (452kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031053-BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (438kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031053-DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf Download (507kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031053-LAMPIRAN.pdf.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran PAKEM berbasis Tri Hita Karana terhadap kompetensi pengetahuan PPKn kelas V SD Gugus VII Kecamatan Kuta Selatan Kabupaten Badung Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Gugus VII Kecamatan Kuta Selatan Kabupaten Badung Tahun Ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah siswa 133 orang. Sampel ditentukan dengan teknik simpel random sampling. Sampel yang terpilih dalam penelitian ini adalah kelas V SD Negeri 1 Pecatu berjumlah 25 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas V SD Negeri 2 Pecatu berjumlah 23 siswa sebagai kelompok kontrol. Data kompetensi pengetahuan PPKn dikumpulkan dengan instrumen berupa tes objektif pilihan ganda biasa. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji-t menggunakan rumus Polled Varians. Rerata post test kompetensi pengetahuan PPKn kelompok eksperimen (x̄ = 84,932) lebih dari rerata post test kompetensi pengetahuan PPKn kelompok kontrol (x̄ = 74,637). Berdasarkan analisis diperoleh thitung = 7,190 kemudian dibandingkan dengan nilai ttabel dengan taraf signifikansi 5 % dan dk = 46 sehingga diperoleh nilai ttabel = 2,013, karena thitung > ttabel maka Ho ditolak. Ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan PPKn antara kelompok yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran PAKEM berbasis Tri Hita Karana dengan kelompok yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas V SD Gugus VII Kecamatan Kuta Selatan Kabupaten Badung Tahun Ajaran 2019/2020. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PAKEM berbasis Tri Hita Karana berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi pengetahuan PPKn kelas V SD Gugus VII Kecamatan Kuta Selatan Kabupaten Badung Tahun Ajaran 2019/2020. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai kajian penelitian relevan mengenai model pembelajaran PAKEM berbasis Tri Hita Karana.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pakem, Tri Hita Karana, PPKn |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Nita Andriani |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 11:57 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 11:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2465 |
Actions (login required)
View Item |