Rahayu, Ni Komang Sri (2025) PENGEMBANGAN MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF BERORIENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MATERI PECAHAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031179-COVER.pdf Download (540kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031179-ABSTRAK.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031179-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (256kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031179-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (431kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031179-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (526kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031179-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031179-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031179-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031197-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV di Sekolah Dasar terutama pada mata pelajaran matematika, selain itu pemanfaatan media pembelajaran di kelas juga masih belum optimal. Penelitian ini nemiliki empat tujuan, yaitu: (1) mendeskripsikan rancang bangun media powerpoint interaktif berorientasi pembelajaran berdiferensiasi materi pecahan mata pelajaran matematika kelas IV Sekolah Dasar, (2) menganalisa kelayakan media powerpoint interaktif berorientasi pembelajaran berdiferensiasi materi pecahan mata pelajaran matematika kelas IV Sekolah Dasar, (3) menganalisa respon guru dan respon peserta didik terhadap media powerpoint interaktif berorientasi pembelajaran berdiferensiasi materi pecahan mata pelajaran matematika kelas IV Sekolah Dasar, (4) menganalisa efektivitas media powerpoint interaktif berorientasi pembelajaran berdiferensiasi materi pecahan mata pelajaran matematika kelas IV Sekolah Dasar di SD Negeri Bayung Cerik. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari: analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, serta evaluasi. Adapun metode dalam mengumpulkan data terdiri dari metode angket/kuesioner dan metode tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar rating scale dan lembar angket/kuisioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) penelitian ini menghasilkan media powerpoint interaktif beroreintasi pembelajaran berdiferensiasi pada materi pecahan mata pelajaran matematika kelas IV Sekolah Dasar, (2) validitas materi yaitu 1,00 dan validitas media sebesar 0,99 dengan kualifikasi/kategori validitas sangat tinggi, (3) kepraktisan media memperoleh skor 3,9 dengan kualifikasi/kategori sangat praktis, dan (4) nilai signifikansi (2-tailed) pada uji-t sebesar 0,000, hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (taraf signifikansi 5%) atau p < 0,05. Sehingga media powerpoint interaktif efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas IV Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan1, Media powerpoint interaktif2, hasil belajar3. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Sri Rahayu |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 02:50 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 02:50 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24659 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |